Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Waket DPD RI, Nono Sampono : Pancasila Adalah Kunci Membangun Bangsa

0 143

Sorong, TN – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Lahirnya Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak demi kepentingan nasional.

Wakil Ketua DPD RI, Letjen TNI Mar (purn) Nono Sampono, dalam acara Seminar Nasional Kebangsaan yang digelar oleh Persekutuan Anggota Muda (PAM) Jemaat Imanuel Boswezen Sorong, mengatakan revormasi tahun 1998 memang membuka lebar kebebasan berekapresi.

Dimana pada saat itu, ada Ketetapan MPR Nomor 8 membatalkan Tap MPR nomor 2 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

“Artinya, Kita bergerak dengan arus revormasi tanpa landasan ideologi, karena kita mengaggap landasan firmal itu tidak perlu, lepas saja dunia bebas, masuk aliranaliran yang lain yang dapat merubah stigma positif generasi muda,” ujar Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Sabtu (2/6).

Menurut mantan Kepala Basarnas RI, terkait dengan menghidupkan pemahaman tentang P4 kembali, tidak cukup Presiden Joko Widodo membentuk unit kerja BPIP sebagai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Tidak culup BPIP dibentuk oleh Presiden sebagai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, untuk melihat persoalan menghidupkan P4, paling tidak masalah ini harus diputuskan didalam undang-undang,” jelas Mantan Komandan Paspampers tahun 2001-2003.

Nono Sampono menyarankan, sebuah lembaga BPIP yang baru dibentuk oleh presiden itu harus menjalankan perannya dengan maksimal, sehingga bukan sekedar menjadi unit kerja Presiden.

Mantan Komandan Korps Marinir (2006-2007) ini mengingatkan generasi muda supaya tidak terdoktrin dengan informasi yang memecah belahkan toleransi umat beragama, sehingga dapat Pancasila merupakan sebuah ideologi yang menyatukan presepai yang berbeda.(*)