Pelaksanaan UNKP di Kaimana Berjalan Lancar

0
38

Kaimana TN – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Kertas dan Pensi (UNKP) di Kaimana berjalan aman dan lancar. Dari pantauanmedia ini, UNKP baru dimulai pukul 10:30 WIT dan berkahir pukul 13:00 WIT. Jadwal pelaksanaan UNKP dilaksanakan secara serempak ditanah air.

Kepala Bidang SMA dan Kejuruan, Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Maria Jamlean, SE mengungkapkan, sudah ada petunjuk dari provinsi terkait, teknis pelaksanaan UNKP di Kabupaten Kaimana. “Sudah ada petunjuk dari sana, dan kami sudah sampaikan hal ini dari jauh-jauh hari, kepada masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Jumlah peserta yang mengikuti UNKP tahun 2016/1017, sebanyak 469 peserta dari total peserta yang terdaftar sebanyak 471 peserta. Dua peserta yang tidak ikut ujian ini adalah siswa dari SMA Negeri 1 Kaimana, dimana jauh-jauh hari sebelumnya, mereka sudah mengundurkan diri, untuk tidak mengikuti UNKP tahun ajaran 2016/2017.

Lima sekolah ini diantaranya; SMA Negeri 1 Kaimana sebanyak 299 peserta, dimana jurusan IPA sebanyak 94 orang, dan jurusan IPS sebanyak 207 orang. SMA YPPK St. Thomas Aquino sebanyak 97 peserta, dimana jurusan IPA sebanyak 14 orang, dan jurusan IPS sebanyak 83 orang. SMA YAPIS Kaimana sebanyak 38 peserta, dimana jurusan IPA sebanyak 14 orang, dan jurusan IPS sebanyak 24 orang. Sementara, MA Ihya Ulumuddin Kaimana sebanyak 21 peserta, dan SMTK Kaimana (Keagamaan) sebanyak 14 peserta.

Sementara itu, terkait pelaksanaan UN ditahun-tahun yang akan datang, lanjut Maria Jamlean, sudah bisa diterapkan system Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Untuk saat ini memang fasilitas masih menjadi kendala. Tapi kami sudah bicarakan hal ini dengan pihak Provinsi. Mereka juga sudah memberikan respon positif. Mereka juga sudah berjanji, bahwa; ditahun 2018 nanti, mereka akan bantu kita computer untuk masing-masing sekolah,” tuturnya.

Sedangkan terkait jaringan nirkabel, lanjut Maria, mudah-mudahan ditahun 2018 nanti, semua sekolah sudah memiliki servernya sendiri-sendiri. “Kita berharap demikian. Supaya semua sekolah bisa melaksanakan ujian serempak, pada jam yang sama pula. Sehingga bisa meminimalisir, kebocoran soal-soal, kalau masih menerapkan shift-shiftan. Kami sangat berharap agar, support dari Pemprov PB terkait fasilitas ini, bisa terealisasi, sehingga pelaksanaan ujian tahun 2018, semuanya sudah menerapkan UNBK,” pungkasnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana, yang diwakili oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, juga turun melakukan peninjauan langsung pelaksanaan UNKP ini di masing-masing sekolah ini.(rsw/jon)

Tinggalkan Komentar