Di Kaimana, Lulusan SMK  Langsung Dapat Kerja

0
50
Ilustrasi SMK
Ilustrasi SMK

Kaimana TN – Empat murid kelas XII pada  Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Negeri 2 Kaimana yang berhasil lulus dalam Ujian Nasional(UN) Tahun pelajaran 2016-2017 resmi diterima sebagai karyawan pada perusahaan swasta di dalam daerah maupun di luar daerah.

Empat murid lulusan SMK 2 kabupsten Ksimana diterima oleh PT Astra Honda Motor di Kabupaten Nabire ,Jayapur papua dan di Surabaya, sementara 1 siswa lainya diterima sebagai karyawan di grand kaimana hotel di kaimana papua barat. Demikuan dikemukakan Girmanto.S.Pd selaku guru kurikulum pada SMK Negeri 2 Kaimana diruang kerjanya Jumat(5/5).

Dikatakan permintaan 4 siswa oleh pihak perusahaan ini, akibat kerjasama dan penandatangan MoU dengan pihak sekolah SMKNegeri 2 kaimana, sebagai salah satu sekolah kejuruan yang ada di Provinsi Papua Barat. ” Di Nabire ada dua orang 1 siswi sebagai staf administrasi, dan 1 di PT AHM Jayapura yang saat ini pak Kepsek lagi ke Surabaya, Jayapura dan akan ke Nabire. Dan sebenarnya permintaan untuk anak-anak ini sudah lama, hanya kami mengusulkan agar setelah mereka mendengarkan hasil UN mereka” katanya.

Agar ada peluang kerja bagi siswa/siswi lain yang masih melanjutkan studynya  di SMK Negeri 2 kaimana, saat ini pihak sekolah  terus melakukan loby ke beberapa perusahaan swasta, tidak hanya di PT. AHM. 

” selama ini pak Kepsek selain melakukan loby dengan Kementrian Pendidikan Nasional agar SMK Negeri 2 juga mendapat perhatian seperti sekolah kejuruan di Indonesia, pak Samirudin juga selama ini telah membanggun komunikasi dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia untuk melakukan MoU, ini dilakukan supaya mereka yang tamat dari SMK Negeri 2 ini, tidak membawa ijasah mereka untuk mencari pekerjaan, tetapi pekerjaan sudah ada tergantung siswa/winya mau langsung kerja atau mau kuliah” tambahnya.

Hal ini dimaksudkan tambah girmanto, agar murid yang menamatkan pendidikan di smk negeri 2 kaimana, tidak hanya mengharapkan pemerintah daerah untuk menjadi PNS, tetapi lebih pada mencari kerja pada dunia usaha.

Sementara beberapa orang tua murid kepada wartawan memberikan apresiasi positif, mereka berharap dengan apa yang dilakukan pihak sekolah harusnya menjadi respont yang positif dari pemerintah daerah. 

” Artinya kalau sekolah ini memberikan harapan bagi masadepan anak-anak kaimana kenapa dari dulu tidak menjadi perhatian serius, kalau sekarang telah ditangani pemerintah provinsi kita hanya berharap ada perhatian juga, karena anak-anak papua ini sekarang sekolah tinggi-tinggi setelah itu kembali ke daerah susah mendapat pekerjaan, jadi kami minta untuk bapak Gubernur dan wakil Gubernur terpilih untuk bisa melihat SMK Negeri 2” harap beberapa orang tua murid.(*)

Tinggalkan Komentar