Bagian Hukum Dan Polair R4 Sosialisasi Jaga Ekosistim Laut

0
33

Waisai,  TN- Bagian hukum sekretariat Pemerintah kabupaten Raja Ampat, bersama satuan polair Mapolres Raja Ampat. Melakukan penyuluhan hukum tentang larangan penggunaan bahan peledak,  potasium, serta zat-zat kimia berbahaya.  Hal ini untuk menjaga ekosistem laut dari kerusakan lingkungan.

kegiatan yang dipusatkan di Distrik Meosmanswar, Kampung Yewapnor ini, dihadiri Kepala Bagian Hukum Mohliyat Mayalibit,  SH, beserta staf bagian hukum,  Kasat Polair, IPTU. Sarodji,  SH, dan anggota Polair. Baru-baru ini. 

Kepala Bagian (kabag) Hukum, Mohliyat Mayalibit,  SH, Menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman sekaligus informasi terhadap beberapa produk hukum daerah yang telah dihasilkan pemerintah Kabupaten Raja Ampat dalam bentuk Perda terkait dengan perlindungan wilayah ekosistem perairan laut.

“Kami juga melakukan sosialisasi terkait dengan bahaya penggunaan bahan peledak, zat kimia yang berdampak pada perusakan lingkungan hidup, berdampak pada sanksi hukum pidana, maupun berdampak kepada pengguna bahan peledak secara langsung akibat kegiatan yang dilaksanakan nya,” Jelasnya. 

Menurutnya kegiatan tersebut berlangsung sangat baik dan dihadiri semua komponen masyarakat kampung Yewapnor.  Mulai dari pemerintah kampung Yewapnor, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda. Dan mereka sangat antusias, hal ini bisa kita lihat dari berbagai macam pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan kepada kami. Dan mereka berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan.

“Kami berupaya untuk melakukan kegiatan ini di setiap distrik yang ada di Kabupaten Raja Ampat. Sehingga semua masyarakat dapat memahami serta menyadari bahaya penggunaan bahan peledak, serta zat kimia. Karena dampaknya masyrakat sendiri yang mengalaminya”, Ujar Mohliyat. 

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun, namun kita tidak fokus pada satu tempat. Karena Raja Ampat cukup luas mulai dari waigeo, batanta, salawati, dan misool.

“Tahun kemarin kegiatan kita fokuskan di misool.  Maka tahun ini kami pusatkan di distrik meos mansar.  Kegiatan ini juga untuk mendukung visi misi Bupati yaitu  gerakan membangun pariwisata dan ekonomi masyarakat (gempar emas).  Maka laut lah tempat kita hidup, dari laut lah kelangsungan hidup ini kita gadaikan. Sehingga keberadaan laut sangat vital bagi masyarakat Kabupaten Raja Ampat”, Ungkap Mohliyat. 

Dalam waktu dekat Kami juga akan melakukan kegiatan penyuluhan hukum terkait undang-undang perlindungan anak, kekerasan dalam rumah tangga, undang-undang tindak pidana korupsi, tindak pidana pencucian uang, dan juga kegiatan sosialisasi terkait dengan peraturan daerah, Tutupnya. (cr26)

Tinggalkan Komentar