Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

47 Siswa Berkebutuhan Khusus Ikut Lomba LKSN dan O2SN

0 54

Sorong, TN – Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Gebyar Seleksi Siswa Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK) tingkat Provinsi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 4 hari, terhitung sejak tanggal 3 – 6 Juli 2018. Bertempat di Sekolah Luar Biasa( SLB) kota Sorong.

Acara tahunan bagi para siswa berkebutuhan khusus ini, melibatkan 47 peserta dari SLB di tiga kabupaten/kota. Yakni kota Sorong sebanyak 25 orang, kabupaten Sorong sebanyak 19 orang, dan kabupaten Manokwari sebanyak 13 orang.

47 peserta itu terdiri siswa SMP dan SMA yang menderita tuna rungu, downsyndrom, tuna grahita , dan tuna netra.

Kepala bidang pembinaan SMA dan
pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Adolfina Uray S. Pd, mengatakan tujuannya dari kegiatan tersebut untuk melihat sejauh mana proses pembelajaran yang diterima anak disabilitas di sekolah.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mempersiapkan anak-anak difabel untuk mengikuti lomba LKSN , O2SN dan festival ditingkat nasional d pada bulan Agustus dan September yang akan datang,”ujarnya kepada awak media.

Adapun kegiatan LKSN yang dimaksud seperti menjahit, membatik, membuat paket hantaran seperti acara nikah atau peminangan, dan merangkai bunga. Sedangkan O2SN meliputi beberapa cabang olahraga seperi badminton, bola boce (melempar bola tepat sasaran), lari 80 meter, dan catur.

Sementara itu, Untuk kegiatan festival meliputi ajang lomba menyanyi tunggal, melukis desain grafis ,menari, dan phantomin.