Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

​LMA Malamoi  Desak DPRD Sahkan Perda MHA Malamoi 

0 0

Sorong TN – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi desak DPRD Kabupaten Sorong sahkan Perda pengakuan dan perlindungan MHA Malamoi yang telah lama “macet” di DPRD Kabupaten Sorong.

Hal ini di ungkapkan oleh Ketua LMA Malamoi Silas Ongge Kalami di damping Ketua Dewan Adat Malamoi saat melakukan jumpa pers di kediamannya di KM 12 Kelurahan Klasaman, Rabu (14/6) siang.

“Draf Perda ini telah di susun dan serahkan oleh LMA Malamoi kepada DPRD Kabupaten Sorong pada bulan Oktober 2016, namun sampai saat ini tidak ada titik terang tentang pengesahannya, kami mempertanyakan mengapa setelah begitu lama Perda ini masih belum di sahkan dan justru di bawa ke Biro Hukum Pemerintah Provinsi Papua Barat ? Ada apa ini ? ”ujar  Silas.

Lanjut Silas , Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa pihak DPRD Kabupaten Sorong telah membawa Perda tersebut untuk di konsultasikan ke Biro hukum Setda Provinsi Papua Barat.

Menurut Silas Kalami , Perda tersebut  memberikan perlindungan dan pengakuan masyarakat hukum adat dalam berbagai aspek kehidupan , seperti perlindungan terhadap tanah, hutan, sumber daya alam, kebudayaan, tradisi, dan kelembagaan masyarakat hukum adat dan sekaligus solusi untuk menghindari permasalahan tanah di masa yang akan datang.

“kami menuntut agar DPRD Kabupaten Sorong segera mensahkan segera perda pengakuan dan perlindungan MHA Malamoi tanpa di tunda-tunda lagi,” Demikian pernyataan Dance , S.Ip Ketua Dewan Adat suku Moi di Kalaben.

Ketua LMA Malamoi beserta Ketua-ketua Dewan Adat Malamo,  Himpunan Mahasiswa Moi Se-indonesia , Ketua BPH Aliansi Mayarakat Adat Nusantara mengancam apabila Perda belum juga di sahkan maka mereka akan melakukan Aksi Demo di kantor DPRD Kabupaten Sorong.

“Jika Perda pengakuan dan perlindungan MHA Malamoi belum di sahkan juga oleh Pihak DPRD Kabupaten Sorong, maka kami akan melakukan Aksi Demo,”tutupnya. (*)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: