Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemprov Maluku Segera Pecat Sejumlah ASN Mantan Koruptor

0 36

Ambon, TN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan melakukan pemecatan terhadap sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemprov Maluku yang berstatus sebagai mantan koruptor.

Pemecatan dilakukan setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta sejumlah daerah termasuk Maluku menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait proses pemecatan tersebut.

“Permintaan Mendagri disampaikan dalam rapat bersama pada 27 Desember 2018. Rapat itu berkesimpulan, SKB harus ditindaklanjuti oleh semua daerah. Memang banyak daerah yang mempersoalkan karena masih di Mahkamah Agung. Tapi keputusannya begitu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Donald Saimima kepada wartawan di Ambon, Sabtu (5/1).

BKD Provinsi Maluku sendiri telah berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota di Maluku untuk melaksanakan SKB tersebut.

Khusus di lingkup Pemprov Maluku, Saimima menyatakan, pihaknya masih menunggu jawaban dari Pengadilan Negeri Ambon.

“Karena kita harus melihat putusan dari orang-orang yang menurut hukum sudah berkekuatan hukum tetap (inkrah). Kenapa itu penting? Karena kita harus pelajari amar putusan dan sekaligus menjadi bukti untuk mereka,” jelasnya.

Menurut dia, khusus di lingkup Pemprov Maluku, sesuai data tercatat ada sebanyak 10 orang yang terancam dipecat sesuai ketentuan SKB.

“10 orang yang akan dipecat ini tersebar di beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD). Nanti kalau sudah ok, pasti akan tahu (identitas orang yang akan dipecat),” terangnya.

Donald katakan, setelah pihaknya mendapat balasan dari Pengadilan Negeri Ambon terkait data amar putusan, maka langsung menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemecatan.
“Kita tunggu balasan dari pengadilan, pelajari amar putusan, langsung jadi (SK pemecatan),” tandasnya.(*)