Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Warga Inginkan Kantor Distrik Dan Puskesmas Tomage Segera digunakan

0 77

Fakfak,TN – Harapan Laurensius Nanafesi, serta warga Distrik Tomage lainnya, cukup sederhana. Mereka ingin, bangunan Kantor Distrik Tomage dan Puskesmas Tomage yang telah sekian tahun dibangun, dapat segera digunakan.

Meski nampak masih kuat, kondisi kedua bangunan tersebut saat ini memprihatinkan. Semak belukar tumbuh subur di sekeliling bangunan berharga ratusan juta tersebut. Bahkan di beberapa titik, terlihat adanya keretakan lantai serta kotoran ternak dan burung. Sedangkan dinding, dihiasi banyak tulisan iseng.

“Bangunannya sudah lama ada tapi hingga kini belum digunakan. Warga ingin agar adanya fasilitas tersebut, memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Semoga Pak Bupati dan pihak terkait menindaklanjuti masalah ini,” harap Laurensius Nanafesi yang dikirim via email.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto menjelaskan bahwa, di Distrik Tomage saat ini masih berstatus Puskesmas Pembantu atau Pustu. Sedangkan Puskesmas adanya di Distrik Bomberay.

“Dilihat dari fotonya, itu adalah bangunan yang di SP 1 yang direncanakan untuk menjadi Puskesmas. Saat ini memang belum dipakai, sedangkan petugas tinggal di belakang dan sebelah Pustu. Bangunan tersebut dibangun oleh Pemerintah Provinsi dan masih kosong, masih dalam perencanaan untuk menjadi Puskesmas, dan kami sedang usahakan diisi peralatan dan sarana prasarana,” jelas Gondo.

Menurut Gondo, Pemda Fakfak sebenarnya telah memiliki Pustu di wilayah yang sama, namun pada 2014, Pemprov Papua Barat membangun tanpa koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak. Akibatnya, bangunan tak terurus.

Sementara itu, Kepala Distrik Tomage masih belum dapat dikonfirmasi mangkraknya Kantor Distrik Tomage. (Wah)