Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Honorer K2 Datangi Kantor Gubenur Papua

0 93

Jayapura TN – Sejumlah tenaga honorer Kategori II (K2) Provinsi Papua dan Kota Jayapura, mengadukan nasib mereka kepada Gubernur Lukas Enembe, agar dapat diakomodir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintahan Provinsi Papua, Rabu (12/9)

Frits Awon selaku koordinator mengatakan nama-nama honorer K2 telah dimasukann dalam data base Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dengan demikian, maka besar harapan para honorer ini, agar Gubernur dapat mendorong nama-nama tersebut untuk dapat diangkat sebagai PNS.

“Kami sangat berharap pak Gubernur dapat menolong kami,” ujar koordinator aksi damai, Frits Awom.

Dikatakan, dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 dan 37 tahun 2018, telah disebutkan tenaga honorer Kategori II sebagai eks kategori dua. Se-Indonesia.

Dilain pihak, dalam waktu dekat, Pemerintah Pusat melalui Kemenpan RB akan menggelar penerimaan CPNS secara nasional yang dibuka secara umum.

“Sekali lagi kami Honorer K2 provinsi dan Kota Jayapura, minta kepada Gubernur untuk tolong selesaikan dan angkat kami sebagai pegawai negeri,” tegasnya.

Sekedar diketahui, jumlah Honorer K2 yang ada di Provinsi Papua saat ini mencapai 78 orang, sedangkan Kota Jayapura sebanyak 407 orang.

Para tenaga honorer tersebut sebagian besar telah mengabdi sejak 2005 lalu dan kini telah masuk data base Kemenpan RB dan Badan Kepegawaian Negara.

Sayangnya para tenaga honorer K2 tak diterima oleh Gubernur yang sementara mengikuti rapat marathon bersama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak terkait.

Kendati demikian, para pengunjuk rasa pun membubarkan diri secara tertib, meski tak diterima oleh perwakilan pemerintah provinsi.(*)