Michael Wattimena Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

0
245

Anggota DPR RI A-457, Michael Wattimena, Fraksi Partai Demokrat, kembali hadir di Kota Manokwari dengan agenda Sosialisasi MPR pada tanggal 17 April 2017.
Acara Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Aston Niu Manokwari ini, merupakan salah satu tugas Anggota MPR,  dihadiri oleh masyarakat kota Manokwari dan sekitarnya, dari berbagai unsur antara lain, masyarakat, tokoh masyarakat, konstituen partai,  dan generasi muda. 
Bung Michael Wattimena, yang akrab disapa, BMW ini, dalam pemaparan nya, menekankan penting nya Pancasila dihayati dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena merupakan warisan para pendahulu, peletak dasar kenegaraan Indonesia, yang bisa merangkul dan merangkum kebinekaan bangsa dalam bingkai NKRI yang merdeka, bersatu, dan berdaulat. Terlebih lagi pada saat ini ada sejumlah upaya masif dari kelompok masyarakat tertentu untuk merongrong Pancasila sebagai Dasar Negara. 
Menghadapi fenomena ini, perlu mengingatkan kembali masyarakat bahwa Dasar Nagara, dan sekaligus Ideologi dan pandangan hidup bangsa dan negara telah tuntas disepakati sebagai komitmen dan konsensus nasional yakni PANCASILA. Tidak ada ruang untuk memperdebatkan, apalagi menggantikan dasar negara dengan bentukan apa pun. Semua telah dipikirkan dan dirumuskan bersama oleh para pejuang, pendahulu kita, dalam membentuk NKRI yang disadari sangat majemuk ini. 
Partisipasi luar biasa masyarakat Papua Barat dalam sejumlah PILKADA tahun 2015 dan 2017, merepresentasikan kesadaran/ komitmen saling mengakui dan menerima dalam kemajemukan bangsa. Kemajemukan ini pula dapat kita apresiasi dan aminkan bersama sebagai modal sosial yang sangat mendukung pembangunan bahkan percepatan pembangunan di Papua Barat, demikian kata Michael Wattimena, SE, MM, yang saat ini juga menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI. 
Kini saat nya kita sebagai generasi penerus, mengisi kemerdekaan dan persatuan tersebut dengan pembangunan yang holistik, menyeluruh, dan produktif. Ada sejumlah program pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah untuk mengikutsertakan masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan yang pertisipatif.
Pembangunan yang meliputi seluruh sendi kehidupan kemasyarakatan. Tidak hanya pembangunan fisik yang berwujud infrastruktur dan sarana-prasarana, tetapi yang terlebih adalah pembangunan moril spuritual bangsa sebagai bangsa yang besar di Asia Tenggara.
Acara sosialisasi ini direspon secara antusias oleh hadirin dalam bentuk tanya jawab maupun diskusi lintas komunitas yang hadir.  Antusias ini menunjukkan bahwa kesadaran bermasyarakat bernegara dari konstituen/ masyarakat di provinsi Papua Barat, patut memperoleh acungan jempol.  
Wattimena mengajak masyarakat Papua Barat, untuk bergandengan tangan,  bahu membahu melanjutkan pembangunan di Papua Barat,  secara sinergis. Baik antara Pusat dan Daerah,  antara Pemerintah dan Masyarakat, maupun antara Wakil wakil rakyat di seluruh tingkatan perwakilan dengan pemerintah setempat dan juga masyarakat, dengan tetap mengedepankan kehidupan demokrasi yang sehat dan dengan produktivitas pembangunan yang tinggi, sebagai mana nilai moral yang terkandung dalam Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
Acara sosialisasi ini diakhiri dengan ramah tamah yang cukup hangat antara narasumber, unsur pemerintah daerah, dan peserta sosialisasi.(*)

Tinggalkan Komentar