Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

“KJ”, Legislator Sebut Masyarakat Belum Rasakan Manfaatnya Tol Laut

0 256

MANOKWARI,TN- Legislator Papua Barat, Saul Rante Lembang, S.T.,M.M sebut program Tol Laut belum dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua Barat.

Meski Tol Laut merupakan program unggulan pemerintah pusat dibawa komando langsung oleh Presiden Jokowi melalui Kementrian Perhubungan, tapi sayangnya armada belum siap untuk mendukung.

Pasalnya pemerintah pusat belum menyiapkan armada untuk memuat barang dari Pulau Jawa ke Papua secara maksimal, hanya satu kapal yang digunakan, rutenya juga tidak menentu.

Bagaimana mau samakan harga sembako di Pulau Jawa dengan Papua, prgram tol laut sudah tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Menurut ketua Fraksi NasDem DPR Papua Barat ini bahwa program tol laut ini belum diketahui atau disosialisasi kepada para pengusaha sehingga mereka belum bisa menggunakannya.

“Tanya kepada pihak PT Pelni mereka katakan bukan wewenang mereka, tanya Dinas Perhubungan, juga menolak dengan alasan bukan wewenang mereka, lalu kira-kira siapa yang punya wewenang mengelolah program tol laut ini” tegas politisi NasDem berdarah Toraja itu.

Gaung tol laut memang ada tetapi secara fisik tidak ada hal ini yang membuat ketidakjelasan pengelolaannya, tak ada manfaat bagi masyarakat, kemudian banyak pengusaha yang mengirim barang belanjaannya dari Jawa dan Sulawesi menggunakan kapal expedisi.

“Kalau saya melihat belum ada perhatian khusus dari pemerintah daerah, harus diperjelas, tol laut ini dikelolah oleh siapa, dititipkan di Pelni, Perhubungan atau dibentuk badan khusus untuk mengelolah tol laut” sebut Saul.(***)