Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Awasi Dana Respek, DPRD Biak Numfor Bentuk Pansus

0 36

Biak, TN – Dalam waktu dekat DPRD Kabupaten Biak Numfor akan mengeluarkan surat, dalam rangka rapat musyawarah agenda Panitia Khusus (Pansus) terhadap pengawasan dana Rancangan Pembangunan Kampung (Respek) tahun 2017 sebesar Rp 26 Miliar.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Bagian Keuangan Pembangunan dan Ekonomi DPRD Kabupaten Biak Numfor, Godlief Kawen,S.Hut.

“Dengan adanya masukan lisan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor dan adanya aspirasi yang cukup strategis, maka sebelum masuk ke jalur interflansi dan hak angket itu, biasanya kami membentuk pansus,” ujar Godlief Kawen, S.Hut, kepada wartawan, di Kantor Bupati Biak Numfor, Jumat (13/7).

“Saat ini kondisi Pemkab sudah kritis dan sudah waktunya, kami menggelar pansus untuk mengawasi pergerakan dana respek 2017,” lanjutnya.

Dikatakan, dari hasil rekomendasi rapat Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) DPRD tahun 2016 dan tahun 2017 lalu, menunjukan adanya keburukan pelayanan sistem tata kelolah keuangan Pemkab Biak Numfor.

Oleh sebab itu, sekarang Pansus akan refresh dan fokus pada tata kelolah dana respek tahun 2017 sebesar Rp26 Miliar.

“Karena, kalau kemarin kami sudah memiliki catatan manajemen keuangan secara menyeluruh. Catatan ini juga, sudah kami diskusikan bersama KPK yakni meminta saran profesional, baik dari BPK RI, Dirjen Perimbangan Bina Keuangan Administratif di Kemendagri. Dalam hal ini, sudah punya solusi-solusi yang sudah kami tawarkan ke Pemkab,” tandasnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya DPRD Biak Numfor sudah memiliki Pansus tata kelolah keuangan. Namun, Pansus tersebut, hingga sekarang tidak ada kejelasan atau tidak ada tindak lanjut, ketika adanya indikasi potensi penyalah gunaan angaran. (des)