​DPR Papua Barat Bimtek di Batam

0
93

Manokwari TN.Com– Dalam rangka meningkatkan kwalitas kerja, maka pimpina dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat (DPR-PB) mengikuti Bimbingan teknis di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Bimbingan teknis yang dilaksanakan selama 1 hari, Senin (06/03/2017) ini berlangsung di Hotel Allium dengan tema “implementasi peraturan dan kebijakan pusat di daerah”

Bimtek peningkatan kapasitasi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua DPR Papua Barat, Drs Jonathan Anes Jumame,M.M didampingi Wakil Ketua DPR-PB, Ranley H.L.Mansawan,SE 

Wakil ketua DPR Papua Barat, Ranley H.L.Mansawan,SE kepada wartawan melalui pesan Whatshapnya mengatakan, narasumber yang akan menyampaikan materi dalam kegiatan Bimtek ini adalah, ketua DPD Asosiasi Lembaga Peningkatan Kapasitas SDM Indonesia (ALPEKSI) Kota Batam.

Selain ketua ALPEKSI, narasumber yang menyampaikan materi pertama yaitu, Dr.T.Saiful Bachri Jonan  dari kementrian dalam negeri tentang  penyusunan dan legal drafting peraturan daerah. 

Kemudian membahas dan mempelajari tentang pembentukan produk hukum daerah terkait dengan Undang-undang nomor 12 tahun 2011 dan Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 80 tahun 2016

Dilanjutkan dengan bimbingan teknis tentang Legal drafting dan sejenisnya dan hierarki peraturan perundang-undangan, pembentukan peraturan perundang-undangan

Selanjutnya Materi kedua juga disampaikan Dr.T.Saiful Bachri Jonan dari kemendagri terkait dengan pelaksanaan pemilukada berdasarkan Undang-undang nomor 10 tahun 2016.

Kemudian Materi ketiga membahas tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Kepala Daerah (LKPJ-KDH) sesuai amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014, PP nomor 3 tahun 2007.

Pada materi ini, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat lebih fokus Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Kepala Daerah Provinsi Papua Barat tahun 2016.(*)

Tinggalkan Komentar