Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pangan Kadaluarsa Masih Banyak Ditemukan Di Merauke

0 97

Merauke, TN – Menyongsong perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019, Balai Loka POM Merauke menyelenggarakan Inspeksi Mendadak (Sidak) pangan kadaluarsa di pasar dan tingkat distributor.

Sidak dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 13-14 Desember 2018 di pasar Kota Merauke dan di tingkat distributor.

“Masih banyak kita temukan pangan kadaluarsa yang dijual di pasar. Pangan tersebut langsung kita kumpul dan bakar,” jelas Kordinator Lapangan Intensifikasi Pangan Balai Loka POM Merauke, Naomi Puntu Rantelili, Kamis (13/12) di Pasar Baru Merauke.

Kegiatan yang dilakukan secara intens ini selanjutnya akan direkap di database, guna melihat berapa kali pelanggaran serupa dilakukan oleh pemilik atau pedagang.

Pertama, pelanggaran diberikan pembinaan, berikutnya peringatan, lanjut peringatan keras dengan membuat surat pernyataan bermeterai enam ribu.

“Kalau tidak bisa juga, itu yang akan kita lakukan pro justisia,” tambahnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk tidak memasarkan pangan expired di Merauke masih rendah. Pedagang cenderung lebih memilih untuk tidak mau rugi kalau barang dagangannya dibuang cukup banyak.

Menyangkut kecurangan ini, para konsumen atau pembeli dihimbau lebih teliti, sebelum barang dibeli memperhatikan masa berlakunya. Agar sesuatu yang dimakan benar- benar aman dan sehat.