Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jelang  HUT RI ke-72  Lantamal XIV Sorong Gelar Lomba Dayung

0 0

Sorong,TN – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2  Lantamal XIV Sorong  gelar lomba dayung perahu karet dan perahu ketinting bertempat di dermaga Lantamal XIV Kota Sorong. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Pappua Barat Mohammd Lakotani SH, M.Si , TNI-Polri, dan SKPD Kota Sorong.

Komadan Lantamal XIV Sorong oleh Brigjend TNI (Mar) Amir Faisol,S.Sos  dalam sambutannya mengatakan,  penyelenggaraan lomba dayung ini memiliki arti yang penting yaitu sebagai momentum kebangkitan kekuatan maritim untuk kembali menggelorakan semangat bahari seiring dengan kebijakan pemerintah yang bertekad menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“ Sudah saat nya kita berdiri tegak menghadap laut. Kita harus kembali kelaut karena jati diri dan nenek moyang kita adalah seorang pelaut yang handal dan disegani. Sudah saatnya dan selayaknya kita bangga sebagai bangsa bahari, kini kita harus beramai-ramai turun kelaut karena dilaut tersimpan harapan dan masa depan,” Kata Brigjen Amir Faisol.

Sementara itu, Wakil Gubernur Pappua Barat, Muhammad Lakotani saat diwawancarai awak media  mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat menjadi momentum untuk menarik wisatawan ke Kota Sorong.

“ Ini merupakan kegiatan positif yang diselelnggarakan oleh Lantamal XIV Sorong, selain dapat menarik wisatawan juga sebagai pesan agar masyarakat lebih memelihara laut seperti tidak membuang sampah ke laut dan tidak melakukan pengeboman ikan,”Ucap Lakotani.

Adapun jumlah peserta lomba dayung perahu Ketinting 154 orang terdiri dari 65 pasang laki- laki  dan  12 pasang perempuan dengan jarak 500 meter (laki laki), dan 250 (perempuan) serta perahu karet 14 Team dengan Jarak 300 meter.

Team peserta lomba dayung terdiri dari Yonmarhanlan XIV , Pomal Lantamal XIV, Satkamla Lantamal XIV, Kodim 1704/Sorong,Zipur XIII / PPA, Kepolisian, Basarnas ,Zibang,Politeknik perikanan Sorong,BP2IP, dan Bea Cukai.

Adapun peserta yang mendapat juara I perahu karet oleh Politeknik Perikanan Sorong, waktu 02.07″56 dan mendapatkan hadiah uang  pembinaan sebesar 7,5 jt serta sertifikat, Juara I perahu Ketinting (Laki Laki) Yan – Hendrik, waktu 03.17″ hadiah uang pembinaan sebesar 7,5 jt dan sertifikat, Juara I perahu Ketinting (perempuan) Dortea – Dorce, waktu 02.19″ hadiah uang pembinaan sebesar 7,5 jt dan sertifikat. (cr.25)

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar