Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Wabup Kampar Minta Pengurus IPSI Pakai Ilmu Padi

0 46

Riau, TN – Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto SH menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Ikatan Pencak Silat (IPSI) Kabupaten Kampar periode 2018-2022, sekaligus membuka kejuaraan Pencak Silat Tingkat Kabupaten Kampar di Gedung IPSI, Kecamatan Bangkinang, Kamis 25 Oktober 2018.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan, pemerintah melihat dari sisi prestasi, sehebat apapun pengurus ketika menghadapi kejuaran-kejuaran para atletnya tidak mampu menyumbangkan medali, maka prestasi tidak akan tercapai.

“Saya mengharapkan pengurus IPSI yang baru dilantik dan dikukuhkan dapat bekerja dengan baik, dan mampu mencapai prestasi yang kita ingin bersama,” ujar Catur.

Untuk mendapatkan meraih prestasi, tentu pihak Kabupaten akan memberikan dukungan penuh dalam rangka peningkatan-peningkatan prestasi dimasa yang akan datang. Namun secara teknis tentu para pengurus sudah menguasai.

Wabup mengharapkan dengan dilantik dan dikukuhkannya pengurus IPSI Kabupaten Kampar akan mampu meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi melalui pembinaan-pembinaan baik teknik maupun individual secara rutin dan berkesinambungan. Sebab, olahraga bela diri pencak silat merupakan warisan dari leluhur yang sudah membudaya di diri kita.

“Berbicara tentang pencak silat yang merupakan budaya bangsa, warisan leluhur kita yang mana didalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang harus dipahami dan dimengerti serta harus diimplementasikan didalam kehidupan kita di tengah masyarakat,” katanya.

Catur menjelaskan, nilai-nilai luhur termasuk di dalamnya bagaimana kita selaku atlit silat hendaknya selalu mengedepankan sifat ramah tamah, sopan dan santun, tidak merasa bangga diri, tidak merasa sombong.

“Pakailah ilmu padi, makin tinggi ilmu kita, hendaknya kita semakin menunduk, dengan demikian orang tidak akan bisa mengukur ilmu yang ada pada diri kita,” ucap Catur.

Sebelumnya Sekretaris IPSI Riau Drs Edi Satria M.Si usai melantik dan mengukuhkan pengurus Ikatan Pencak Silat (IPSI) mengatakan, walapun pengurus IPSI belum terbentuk, namun prestasi IPSI Kabupaten Kampar mampu meraih prestasi pada Porprov ditahun 2017 dengan meraih juara umum.

“Ini merupakan prestasi yang sangat baik. Sebab pengurusnya belum terbentuk namun prestasi terbaik sudah tercapai, mudah-mudahan dengan sudah dikukuhkan ini IPSI Kabupaten Kampar akan lebih mampu meningkatkan berprestasi baik daerah, nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara itu Ketua IPSI Kabupaten Kampar yang baru dilantik Muhammda Salim S,Pd M.IP mengharapkan, dukungan Pemerintah Kabupaten Kampar melalui KONI untuk dapat membantu dalam melakukan pembinaan bagi para atlet silat baik itu kejuaraan-kejuaraan, maupun pembinaan secara rutinitas.