Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tutup Bulan K3, Pertamina RU VII Kasim Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran

0 136
Sorong TN – Tutup rangkaian peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2018, Pertamina RU VII Kasim menggelar pelatihan pemadaman kebakaran skala kecil dengan melibatkan masyarakat sekitar wilayah kerja Pertamina RU VII Kasim, Sabtu (14/04), bertempat di lapangan golf Pertamina RU VII Kasim.

GM Pertamina RU VII Kasim, Joko Pranoto mengatakan pelatihan ini dapat memberikan bekal pengetahuan terkait upaya pertolongan dan pencegahan kebakaran.

“Tahun ini kita adakan pelatihan pemadaman kebakaran skala kecil untuk masyarakat sekitar, Yaitu bagaimana cara kita memadamkan api dengan menggunakan metode sederhana, yaitu dengan menggunakan karung goni,”kata Joko Pranoto.

Lanjut joko, Sebelumnya kita juga sudah mengadakan lomba menggambar untuk anak-anak SD wilayah Pertamina, dan hasilnnya juga bagus-bagus.

Sementara itu, salah satu masyarakat kampung Kasim, Agu Apoide, yang mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran mengatakan awalnya ketakutan melihat kobaran api yang cukup besar, namun Ia memberanikan diri dan berhasil memadamkan api tersebut

“Awalnya saya takut karena apinya besar, tapi saya beranikan diri untuk padamkan api dan ternyata berhasil. Padamkan api dengan karung goni ternyata mudah, yang penting kita ikut arah angin dan tidak butuh waktu lama apinya langsung padam. Menurut saya pelatihan ini sangat membantu, jadi ketika terjadi iebakaran kita suda tahu tindakan apa yang harus kita lakukan, “terang Agu.

GM pertamina RU VII Kasim, Joko Pranoto, serahkan langsung bantuan alat pemadam api ringan kepada masing-masing perwakilan kampung

Untuk meminimalisir terjadinya kebakaran, pihak Pertamina RU VII kasim menyumbangkan alat tabung pemadam kebakaran untuk di taruh di bangunan-bangunan sekitar kampung, seperti rumah ibadah, balai kampung, kantor distrik dan sekolah.