Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Siaga Libur Lebaran, Tim Sar Raja Ampat Fokus Di Sejumlah Objek Wisata

0 83

Raja Ampat, TN – libur pasca lebaran tahun 2018, jumlah pengunjung di sejumlah tempat wisata di Raja Ampat diperkirakan akan meningkat. Transportasi laut yang dimiliki oleh masyarakat dan travel Agent dipastikan meningkat pula sebanding lurus dengan resiko yang dihadapi.

Setiap tahun dan hari libur, lokasi-lokasi ini banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun manca negara, apalagi mengingat saat ini cuaca sudah mulai tidak menentu diperairan Raja Ampat.

Dalam upaya memberikan rasa nyaman dan aman kepada pengunjung wisata bahari di kawasan kabupaten Raja Ampat, Basarnas Sorong melalui Koordinator Pos SAR Raja Ampat Muslikun Sodik, SKM dan personil rescue bersama team gabungan siaga khusus angkutan lebaran tahun 2018, yang terdiri dari Satpolair Raja Ampat, Satpol PP, Dishub dan dinas pariwisata Raja Ampat akan melakukan giat patroli dan pemantauan langsung di lokasi-lokasi wisata seperti Pianemo, Arborek dan Pasir timbul.

Pergerakan team gabungan ini akan menggunakan RB 415 yang selama ini stand by di Dermaga Waisai, Kabupaten Raja Ampat. Korpos SAR Raja Ampat telah menyiapkan tim Rescue terlatih di bidang water rescue dan Scuba Diving demi mengantisipasi kejadian yang tidak terduga terkait dg keselamatan dan kondisi yang membahayakan jiwa.

“Team patroli gabungan akan mulai bergerak ke lokasi pada pukul 08.00 pagi ini, melalui dermaga waisai,” ujar Muslikun Sodik yang dihubungi via telepon oleh media ini.

Selain bersiaga dan memantau langsung para wisatawan yang berkunjung di lokasi tersebut tim Rescue Pos SAR Raja Ampat juga memberikan sosialisasi keselamatan di air, terutama kepada pihak-pihak pengelola transportasi dan pemilik speedboat yang melayani jalur wisata tersebut.

“Semaksimal mungkin kami akan melaksanakan pemantauan langsung dan giat patroli agar resiko yang tidak diinginkan dapat segera kami tangani. Untuk fasilitas keselamatan serta peralatan rescue di RB 415 telah kami lengkapi seperti, tandu, medical kit, dan life jacket.

Sementara itu, Kepala Basarnas Sorong Emy Freezer S.E, M.M saat ditemui media ini di Kantor SAR Sorong, mengatakan melalui patroli gabungan ini, sinergitas antara stokeholder dapat meningkat.

“Dengan patroli gabungan ini, kita harapkan sinergitas diantara stakeholder dapat berjalan dengan baik serta meningkat di lapisan operator lapangan, tidak hanya sekedar di level pimpinan.” ujar Kepala Basarnas Sorong Emy Freezer S.E, M.M . (Meg)