Program Bansos, Pemerintah Bedah 30 Unit Rumah Warga

0
32

MANOKWARI,TN- Program Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD Provinsi Papua Barat Tahun 2017, diperuntukan untuk bedah 30 unit rumah warga yang dinilai tidak layak lagi di Kabupaten Manokwari.

Kegiatan bedah rumah ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan ditandai dengan renovasi rumah di kompleks Biryosi Kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (09/08/2017).

Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mendacan mengatakan bahwa, program renovasi rumah merupakan hal penting bagi masyarakat, lebih baik untuk meningkatkan kesejaterahan masyarakat Papua Barat.

Dominggus menegaskan, untuk mengurangi tumpukan proposal ke Pemerintah Daerah, jangan hanya program fisik yang dilakukan tetapi pembinaan melalui pelatihan bagi masyarakat keluar Papua mendapatkan ilmu ketrampilan, misalnya di Jawa Timur

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan sedang berbincang-bincang dengan pemilik rumah yang dibedah di Biroyosi, Kelurahan Sanggeng, Kabupaten Manokwari, Rabu (09/08/2017)

“Secara bertahap pembangunan dilaksanakan untuk mengurangi adanya pengangguran dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Dominggus saat memberikan sambutan pembukaan program bedah rumah.

Lanjut Mandacan, program renovasi ini akan menjadi ukuran kedepan, jika berhasil maka dilanjutkan, sebaliknya kalau tidak berhasil maka harus dievaluasi kembali, apa kendalanya.

Program ini baru pertama dilakukan di Manokwari setelah kepemimpinan Gubernur Drs Dominggus Mandacan dan Wakil Gubernur, Mohammad Lakotani,S.H,M.Si sehingga kedepan akan tersebar ke kabupaten/kota. Sebab Provinsi Papua Barat bukan saja satu daerah tetapi milik bersama.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Barat, Lazarus Indou menuturkan, program renovasi rumah merupakan program tahun anggaran 2017, namun kedepan akan lebih baik untuk program ini.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan saat merobohkan tembok rumah warga yang akan direnovasi

Sementara ketua tim bedah rumah di Manokwari, Yance Kambu mengatakan, program renovasi rumah merupakan salah satu program pemerintah kepada masyarakat.

Yance menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan dinas sosial melalui bidang perumahan Papua Barat atas program renovasi rumah tahun anggaran 2017 di Biryosi, Manokwari.

Program renovasi ini sebanyak 30 unit yang tersebar di beberapa kompleks di Kota Manokwari. Salah satunya pembukaan secara simbolis renovasi 3 unit rumah di kompleks Biryosi.

Setiap unit rumah mendapat alokasi sebesar Rp 150 juta untuk renovasi. Pembukaan dilakukan dengan pembongkaran seng dan tembok menggunakan martelu di rumah keluarga Daud Mayor.

Acara bedah rumah ini disaksikan masyarkat Biryosi, SKPD, Forkompimda Papua Barat serta tamu undangan lainnya.(***)

Tinggalkan Komentar