Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Mendagri: Tercatat Ada 1,9 Juta Data Penduduk Ganda

0 0

Sorong, TN – Menteri dalam negeri, Tjahjo kumolo menyampaikan bahwa sistem perekama KTP elektronik atau eKTP mencatat ada sebanyak 1,9 juta data penduduk ganda. Disampaikan olehnya hal ini dikarenakan ada banyak penduduk yang melakukan perekaman lebih dari satu kali. Dirinya menegaskan eKTP yang memiliki data ganda  tidak akan diproses sampai penduduk yang bersangkutan datang ke kantor Dukcapil dan melakukan pelaporan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mendagri sendiri melalui akun twitternya, @tjahjo_kumolo tanggal 28 September lalu. Sebelumnya Tjahjo menyampaikan ketersediaan blanko eKTP di Ditjen Dukcapil sebanyak 1,5 juta keping. Selanjutnya ia menghimbau bagi daerah-daerah yang blanko eKTP sudah habis agar mengambil di pusat. Usai penyampaian tersebut dirinya mengungkapkan bahwa dari sekian banyak data perekaman eKTP tercatat 1,9 juta data ganda.

“Sekarang tercatat ada 1,9 juta data ganda karena penduduk merekam lebih dari satu kali. KTP elektronik ganda ini tidak akan jadi sampai penduduk melapor dan dilakukan penghapusan data dan rekam ulang,” jelasnya sesuai yang dikutip dari ciutannya di akun twitter @tjahjo_kumolo tanggal 28 Septermber 2017. Menurutnya agar proses perekaman ini dapat berjalan dengan baik, penduduk juga diminta untuk lebih proaktif.

Sementara itu disampaikan juga melalui akun twitternya, bahwa proses perekaman eKTP masih tersendat dikarenakan ada sebanyak 4,6 juta antrian data perekaman yang masih menunggak pada data center eKTP. Mengenai masalah banyaknya antrian data penduduk juga diakibatkan tidak berfungsinya data center selama sekitar 6 bulan karena masalah hukum yang sedang bergulir saat ini.

Walaupun demikian dirinya memerintahkan para kepala dinas dukcapil agar segera melakukan pencetakan eKTP dengan status siap cetak / print ready record (PRR) seperti KTP rusak, hilang, pindah-datang, atau perubahan status. “Data terakhir sudah 94% lebih data penduduk dewasa yang sudah merekam,” tambahnya melalui akun twitternya. (mdl)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar