Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kodam Kasuari Beraama Wartawan Gelar Syukuran HUT Penerangan TNI AD

0 140

Manokwari, TN- Kodam XVIII/ Kasuari, Papua Barat,  bersama sejumlah awak jurnalis yang bekerja di media cetak maupun elektronik menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) ke 67  tahun 2018 yang jatuh pada Sabtu (13/1) di aula Hotel Horiston, Jalan Trikora Wosi Taman Ria, Kabupaten Manokwari. 

Acara syukuran yang dilaksanakan secara sederhana tersebut mengusung tema ‘Bersama Media  Penerangan TNI AD Kuat’

Hadiri dalam kegiatan ini Kepala Penerangan Kodam XVIII/ Kasuari, Papua Barat, Kolonel Arh Eddy Wiyanto didampingi Asisten Inteljen (Asintel) Kodam XVIII/ Kasuari,  Kolonel Wahyu serta perwira tinggi lainya. 

Kolonel Eddy dalam sambutannya mengulas sedikit ceritera tentang sejarah keberadaan Penerangan TNI AD yang sudah ada sejak perang merebut kemerdekaan NKRI. 

“Penerangan TNI AD sebetulnya sudah ada sejak perjuangan kemerdekaan. Walaupun pada saat itu belum terorganisir secara baik pada masa pembentukan TNI AD 5 Oktober 1945, yang kala itu masih menggunakan nama Tentara Keamanan Rakyat,” kata Eddy. 

Menurut Eddy, seiring dengan berjalannya waktu, pada 13 Januari 1951 terbentuklah Penerangan TNI AD yang terorganisir dan merupakan staf umum dari TNI AD.  Selanjutnya pada tahun 1971 namanya berubah menjadi Dinas Penerangan TNI AD sampai sekarang. Keberadaan Penerangan TNI AD ini adalah mengumpulkan, mengkelola dan menyampaikan informasi. Namun, informasi yang diperole harus dikelola dengan peralatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal sehingga informasi tersebut bisa diaampaikan kepada imsen media secara baik dan benar. 

“Kalau kita bicara pengelolaan informasi mulai dari perencanaan dampai pada pengawasan kan tidak jauh dari manajemennya. Makanya kita perlu dukungan dari rekan-rekan media,” jelasnya. 

Eddy menjelaskan, itu merupakam salah satu tugas Penerangan TNI AD. Apalagi  di era globalisasi sekarang informasih yang perkembangan begitu cepat melalui media sosial. Masyarakat tidak tahu apakah informasih yang disajikan tersebut benar atau tidak. 

“Sekarang ini jaman sudah berubah dengan adanya teknologi. Dimana penyebaran informasi begitu cepat memalui media soaial dan kita tidak tahun mana yang tepat dan yang tidak tepat, jadi tugas kita kedepan semakin berat, ” ujarnya. 

Oleh karena itu, melalui momentum ini, Eddy berharap ada kerja sama yang baik antara Penerangan TNI AD dan awak media dalam mengelola informasi yang baik dan benar sehingga tidak merugikan masyarakat luas. 

“Dengan membangun sinergitas seperti ini kalau ada diantara kita yang susa kita buat dia  senang. Itulah yang namanya persahabatan. Jadi kita minta dukungan rekan-rekan sebagai sahabat karena banyak kegiatan kami yang membutuhkan rekan-rekan media,” terangnya.   

Usai Eddy pemberikan sambutan, acara  kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, makan bersama  dan foto bersama. (mel)