Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kapolri : Mapolda PB Akan Diresmikan September atau Oktober

0 0

MANOKWARI,TN- Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Drs M.Tito Karnavian, M.A, Ph.D. mengatakan, markas komando Polda Papua Barat direncanakan akan diresmikan pada akhir September atau awal Oktober 2017.
Hal ini disampaikan Tito Karnavian kepada wartawan usai meninjau perkembangan pembangunan gedung Polda Papua Barat di daerah Maripi, Distrik Anday, Kabupaten Manokwari, Minggu (13/08/2017)

Tito mengakui bahwa Mapolda Papua Barat tiga lantai ini termasuk salah satu Gedung termegah di Indonesia, memiliki tempat parkir bawah tanah.

“Alhamdulilah, Puji Tuhan gedung Polda ini hampir selesai tinggal finalisasi i interior dan lain-lain, direncanakan seperti laporan Pak Kapolda tadi, bulan seprember atau awal oktober akan diresmikan” ujar Jenderal Tito Karnavian.

Pembangunan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua Barat yang di bangun pada awal tahun 2016 lalu, dibangun diatas tanah seluas kurang lebih 30 hektare. Dengan  luas bangunan mapolda mencapai 15 ribu meter persegi, dari sebelumnya yang direncanakan hanya 12 ribu meter persegi.

Sedangkan anggaran yang diberikan oleh Mabes Polri guna pembangunan Mapolda Papua Barat dan sarana pendukung operasional Polda Papua Barat mencapai Rp 270 miliar.

Mantan Asrena Polri ini menyampaikan terima kasih kepada Bupati Manokwari yang telah meminjamkan gedung sementara untuk digunakan sebagai markas Polda Papua Barat selama dua tahun serta perhatian dari pemerintah Provinsi Papua Barat dan jajaran kemitraan terkait yang telah mendukung penuh pembangunan gedung megah Markas Polda Papua Barat yang baru ini.

Sesuai pantuan wartawan, pembangunan konstruksi gedung Markas Kepolisian Daerah Papua Barat saat ini sudah selesai 100 persen. Saat ini, kontraktor sedang menyelesaikan pemasangan instansi listrik serta perangkat penting lainya. Dimana untuk gedung utama Polda Papua Barat membutuhkan daya listrik sebesar 1 mega watt.

Selain itu kehadiran rumah sakit bhayabgkara juga akan segera di bangun,  dan merupakan sarana pendukung bagi Mapolda. Usai pembangunan rumah sakit, pembangunan rumah para pejabat utama Polda akan disiapkan.

Lebih jauh Jenderal Bintang Empat itu mengatakan, kehadiran Polda di Provinsi Papua Barat untuk melayani masyarakat sehingga diharapkan kepada pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat mendukung pembangunan Mapolda Papua Barat.

Penambahan luas bangunan itu, kata dia, mempertimbangkan fasilitas yang harus dibuat seperti ruang rapat, ruang pejabat utama serta beberapa ruang lain yang menjadi kebutuhan.

Sebelum kunjungi Manokwari, Kapolri mengunjungi Kabupaten Mimika, Papua dalam rangka menghadiri peluncuran Aplikasi Amole Online dan membuka kegiatan Papua Football Akademik di Mapolres Mimika.

Usai melakukan peninjauan di kantor Polda Papua Barat yang baru,  langsung meninggalkan Manokwari bersama para PJU Mabee Polri lainnya menuju Jakarta.(***)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar