Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jokowi Serahkan 1.230 Sertifikat Tanah Untuk Masyarakat Sorong

0 211

Sorong TN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini membagikan 1.230 sertifikat tanah kepada wargaSorong, Rabu (20/12) bertempat di gedung Aimas Convention Centre (ACC) Aimas.

Jokowi menginstruksikan Menteri Agraria Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional Sofian Djalil untuk memberikan 5 juta sertifikat kepada warga pada tahun ini.

“Pembagian sertifikat ini terus kita lakukan karena sudah menjadi program di seluruh tanah air. khusus di Papua Barat , ini sertifikat tidak bisa langsung dikeluarkan karena beberapa kampung masih masuk dalam kawasan hutan,”ujar Presiden RI Joko Widodo saat di wawancarai awak media.

Menurutnya,  ketiadaan sertifikat juga sering memicu konflik. Banyak terjadi sengketa tanah karena saling klaim.Bertahun-tahun, sengketa tanah di mana-mana. Sengketa antara masyarakat dengan masyarakat, dengan perusahaan karena tidak memegang sertifikat.

kini masyarakat Sorong sudah memiliki sertifikat tanah
kini masyarakat Sorong sudah memiliki sertifikat tanah

 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap sertifikat yang telah dibagikan  dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan  sertifikat yang telah diberikan disimpan dengan baik dan dipotocopy, sehingga jika hilang mudah dalam mengurusnya.

“Sertifikat yang diterima ini merupakan bukti kepemilikan tanah sesuai dengan hukum yang berlaku. Jadi harus disimpan dengan baik dan dilapisi plastik, sehingga jika rumahnya bocor sertifikat tidak rusak dan dipotocopy. Jika hilang mudah mengurusnya kembali,” ujar Jokowi.

Sementara itu Menteri Agraria Tata Ruang atau Badan Pertahanan Nasional Sofian Djalil ,mengatakan hingga akhir tahun 2017  kementrian menargetkan 15.500 sertifikat untuk Papua Barat.

“Untuk Papua dan papua barat targetnya 15.500 sertifikat,  tapi kami belum bisa capai sampai 100% , masih banyak kendala karena banyak kawasan hutannya.Ini merupakan  bagian dari program 5 juta setifikat yang di perintahkan Presiden Joko Widodo untuk dikeluarkan di seluruh Indonesia,”jelasnya. (***)

 

Tinggalkan Komentar