Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jendral Tito Resmikan Mapolda dan RS Bhayangkara Loddewijk Mandacan

0 484

Manokwari TN – Markas Komando Polisi Darah Papua Barat diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D Senin (29/2) pukul 09.00 WIT.Gedung yang dibangun diatas lahan seluas 30 hektar itu menjadikan Mapolda Papua Barat yang terbesar se Indonesia.

Selain gedung Mako Polda Papua Barat, Jendral  Tito juga meresmikan Rumah Sakit Bhayangkara Lodewijk Mandacan, dan rumah dinas Kapolda, Wakapolda, dan Pejabat Utama Polda Papua Barat, pada waktu yang bersamaan.

Kedatangan Kapolri dan sejumlah pejabat teras Mabes Polri disambut hangat oleh masyarakat dan jajaran Muspida plus Papua Barat. 

Para mantan Kapolda Papua Barat juga turut hadir dalam peresmian gedung baru Polda Papua Barat, diantaranya Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M, dan Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M,Si. Yang tampil mendapingi Kapolri.

“Ini merupakan salah satu Polda terbesar di Indonesia dan ada di tanah Papua. Oleh karena itu kita patut berbangga dan meningkatkan semangat serta kinerja untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” kata Kapolri kepada wartawan ( 29/1)di Manokwari.

“Ini Polda terbesar di seluruh Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua Barat,” imbuh Tito.

Selain terbesar, Gedung megah Mako Polda Papua Barat juga dilengkapi dengan bangunan rumah  dinamai  Rumah Sakit Bhayangkara Lodewijk Mandacan sebagai penghormatan ayah gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Lodwiek Mandacan merupakan tokoh masyarakat Suku Arfak yang mendiami sebagian besar wilayah Kabupaten Manokwari. Suku ini pun mendominasi wilayah Pegunungan Arfak serta tersebar di beberapa daerah seperti Teluk Bintuni, Tambrauw dan Teluk Wondama.

Lodwijk adalah tokoh besar pada masa perjuangan Tri Komando Rakyat (Trikora) yang dicetuskan Presiden pertama RI Soekarno. 
Dikutip dari antara news, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengaku bangga nama ayahnya Lodewijk Mandacan diabadikan oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk nama rumah sakit.

Lodewijk Mandacan adalah nama yang dipilih Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai nama Rumah Sakit Bhayangkara Papua Barat yang akan diresmikan, Senin (29/1).

“Puji Tuhan, terima kasih kepada Kapolri yang telah mengabadikan nama seorang Lodwiek Mandacan sebagai nama Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua Barat. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sekeluarga,” kata Gubernur di Manokwari. Minggu (28/1). (*)