Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jalan Nasional Kota Sorong Bakal Jadi 6 Lajur

0 236

Sorong, TN – Sepanjang jalan dalam kota Sorong akan mengalami perubahan total.Hal ini tercover dalam Paket pekerjaan rehabilitasi mayor Jalan Ahmad Yani 2,5 Km, Jalan Basuki Rahmat 3,5 Km Tahun Anggaran 2018 yang telah diprogramkan oleh Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Papua Barat (Sorong). Hal itu terungkap Dalam rapat koordinasi yang digelar Satker PJN Wilayah II dan dihadiri Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Cristy Pancasakti Siregar, S.IK, MH dan jajarannya, , Dinas PU Kota Sorong, Telkom, Tirta Remu, kontraktor dan konsultan.

Proyek ini akan meliputi penanganan perbaikan lapis perkerasan aspal, pelebaran badan jalan dari semula 2 jalur 4 lajur, menjadi 2 jalur 6 lajur (tambahan 2 lajur sepeda). Selain itu juga perbaikan drainase samping, bangunan pelengkap pada jalan (cross drain), perbaikan median jalan, dan marka jalan thermoplastic. Hal ini sebagai langkah pengembangan infrastruktur penunjang khususnya di wilayah Kota Sorong.

Demi tercapainya kegiatan fisik itu diperlukan dukungan dari segenap pihak atau instansi terkait, diantaranya tindak lanjut pembebasan lahan, pemindahan beberapa utilitas terkena dampak rencana pelebaran jalan.

“Kami berharap semua instansi terkait mendukung kegiatan ini,”ujar Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Papua Barat – Sorong, Sukarman saat Rapat Koordinasi dengan instansi terkait di kantornya kemarin (7/3).

Dijelaskan rehabilitasi mayor Jalan Ahmad Yani waktu pelaksanaannya 270 hari kalender, SPMK 2 Maret 2018, PHO 26 November 2018, penyedia jasa PT Anex Jaya. Sedangkan rehabilitasi mayor Jalan Basuki Rahmat waktu pelaksanaan 270 hari kalender, SPMK 20 Februari 2018, PHO 16 November 2018, penyedia jasa PT Cempaka Jaya.

Sujarman juga menyebutkan tentang sejumlah permasalahan yang ada dan penanganannya, dimana untuk di Jalan Ahmad Yani, Km 3 Kuda Laut, permasalahan sedimentasi tinggi dan debit air tinggi. Penanganannya dengan pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping, penggantian saluran lama. Di Jl. Ahmad Yani Km 5 dekat Bank Mandiri permasalahan median rendah, penanganannya pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping. Jl Ahmad Yani dekat Bank Danamon, permasalahan sedimentasi tinggi, sampah, debit air tinggi, banjir, dan median rendah. Penanganannya dengan pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping, penggantian saluran lama, box culvert. Di Jl. Basuki Rahmat Km 6 dekat Thio, permasalahannya sedimentasi tinggi, sampah, debit air tinggi, median rendah. Penanganan pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping, penggantian saluran lama, boxculvert. Jl Basuki Rahmat Km 10 permasalahannya sedimentasi tinggi, sampah, debit air tinggi, median rendah. Penanganannya pelebaran jalan, overlay, median, pembersihan saluran samping, penggantian saluran lama, boxculvert. Di Km 12 dekat TPU Moyo, pelebaran jalan dan pembersihan saluran samping. Di Km 16 dekat STAIN permasalahannya perlu penggantian saluran samping, penanganannya dengan pelebaran jalan, pembersihan saluran samping, penggantian saluran baru.

Di Km 17 permasalahan sedimentasi saluran samping, sampah, kerusakan badan jalan oleh limpasan air. Penanganannya dengan pelebaran jalan, overlay, pembersihan saluran samping.(im)