Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Banyak Konten Negatif, Aplikasi Tik Tok Diblokir Kemenkomfino

0 55

Jakarta, TN – Aplikasi koten video Tik Tok mulai diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak Selasa (3/7). Berdasarkan laporan masyarakat yang diterima sebanyak 2.835 laporan berakhir dengan pemblokiran delapan Domain Name System (DNS) Tik Tok.

Menteri Kominfo, Rudiantara menyampaikan alasan pemblokiran tersebut dikarenakan banyaknya konten negatif. Menurutnya pengguna Tik Tok di Indonesia mayoritas adalah anak-anak sehingga tidak pantas untuk menerima konten negatif.

“Ada yang tidak senonoh, tidak mendidik, pokoknya tiak pantas untuk anak-anak,” ujar Rudiantara seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Selama sebulan terakhir Kemenkominfo telah melakukan pengawasan terhadap aplikasi Tik Tok, dan hasilnya menerima laporan sebanyak 2.853 kali. Selain itu pula pemblokirian itu didukung oleh sejumlah petisi di situs change.org yang sudah memiliki dukungan sebanyak 124 ribu dan masih terus bertambah.

Rudiantara menyebutkan jika pengelola platform Tik Tok membersihkan dan menjaga konten negatifnya, maka Kemenkominfo dapat membuka kembali akses di Indonesia. Namun hingga saat ini Kemenkominfo belum mendapat tanggapan dari pihak Tik Tok berkaitan dengan pemblokiran tersebut.