Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Moeldoko: Petani Malut Harus Lupakan Kopra

0 32

Ternate, TN – Masyarakat Maluku Utara (Malut), diminta untuk tidak lagi memikirkan produk kopra. Demikian disampaikan Ketua Umum Dewan Perwakilan Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko kepada wartawan, di Ternate, Senin (28/1).

Pernyataan itu berdasarkan hasil diskusi antara Moeldoko dengan Bupati Halmahera Barat (Halbar), Danny Missy, bahwa masyarakat tidak lagi harus berpikir soal kopra. Tapi ada sebuah produk bagus dari buah kelapa.”Namanya Virgin Coconut Oil,” ujar Moeldoko.

Menurut diayang juga Kepala Staf Kepresidenan RI ini, pihaknya akan mendatangkan alat produksi tersebut ke Malut, khususnya Halbar.

“Bicara soal produk Virgin Coconut Oil berarti bicara Malut. Alat teknologinya akan saya bawa ke sini (Halbar), dan itu janji saya. Semua sudah dibicarakan dengan Bupati Halbar,” ujarnya.

Disentil mata rantai pencarian masyarakat Halbar yang notabene petani kopra, Moeldoko menegaskan bahwa, kopra tidak serta merta ditinggalkan.

Tetapi masyarakat harus diberikan pilihan yang harus diambil untuk bisa mempengaruhi pendapatan.

“Namun masyarakat yang sudah fanatik dengan kopra silahkan, tetapi jika ingin menjadikan pengelolaan kelapa ini produk unggul dan menjawab kebutuhan luar negeri yang cukup tinggi, harus beralih ke Virgin Coconut Oil,” ujarnya.(*)