Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Masyarakat Klamono Kini Dapat Menikmati Air Bersih

0 79

Sorong, TN – Guna mewujudkan suatu kampung yang sehat dan mandiri, Pertamina Field Asset 4 bekerja sama dengan yayasan anak sehat persada membantu warga Klamono, kabupaten Sorong dengan membangun sarana air bersih.

Pendamping lapangan Yayasan Anak Sehat Persada, Yunita Manobi mengatakan tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu warga Klamono yang selama ini kesehariannya hanya mengandalkan air sungai.

“Tahun ini kita buatkan 10 unit blue air filter di kampung klamono. Sarana yang telah dibangun itu selanjutnya dikelola dan dipelihara oleh masyarakat sendiri,”ujar Yunita, Sabtu (07/09) di Klamono, kabupaten Sorong.

Lebih lanjut dikatakan Yunita, Blue filter air yang sudah dirancang secara sederhana itu, untuk prosesnya menggunakan metode penyaringan dengan pasir laut, kerikil, dan arang. Air yang sudah bersih usai disaring tersebut hanya digunakan untuk mandi dan cuci saja, tidak untuk dikonsumsi.

Field trip SKK Migas di kampung Klamono. (TN/Mega)

Menurutnya, pasokan air bersih di Klamono sangat kurang, masyarakat harus menggunakan air sungai yang kondisi sangat keruh. Terkadang untuk mendapatkan air bersih,masyarakat harus membelinya dari Sorong.

“Saat ini masih kita buat dalam skala kecil dulu, rencana kedepan untuk skala besar adalah kita buatkan bak ukuran besar untuk pendistribusian ke rumah-rumah masyarakat, “bebernya.

Sementara itu kepala kampung Klamono, Juni Momot mengaku senang dengan adanya bantuan itu. Dikatakannya, bantuan tersebut sangat membantu masayarakatnya dalam memperoleh air bersih.

“Kami sangat beryukur dan berterimakasih kepada Pertamina dan Yayasan anak sehat persada karena sudah banyak bekerja untuk meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat yang di Klamono,”pungkasnya.