Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Master Plan Perpanjangan Runway Rendani 700 Meter

0 0

MANOKWARI,TN- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan mengatakan, sesuai master plan, Pemerintah Daerah ingin menambahkan runway Bandara Rendani,Manokwari, 700 meter sehingga total nantinya 2.700 meter dengan 250 meter.

Kata Gubernur, dalam APBD 2017 ini Pemprov sudah siapkan dana Rp 80 milyar untuk konstruksinya kemudian Rp 20 milyar berupa hibah kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari untuk pembebasan lahan

“Jadi komitmen dari Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan dan Komisi V DPR-RI bahwa mereka bisa mendukung dari sisi teknis sedangkan hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat, misalnya pembebasan lahan dan relokasi masyarakat di sekitar lahan tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah daerah”

Demikian disampaikan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan kepada wartawan di kantor Gubernur, Bukit Arfai, Jumat (09/06/2017)

Dominggus menuturkan bahwa, pemerintah daerah akan memastikan kepada pemerintah pusat bahwa pembebasan lahan dan relokasi masyarakat telah selasai maka dukungan dari Jakarta dimulai.

Menurut Gubernur, tahap pertama pekerjaan perpanjangan runway sudah dimulai pada tahun 2017 dengan menggunakan dana Rp 80 milyar yang dianggarkan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Pastinya sebelum dibangun, Bupati Manokwari harus melakukan pembebasan lahan dan relokasi masyarakat menggunakan dana Rp 30 milyar yang telah dianggarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPR -RI, Dr Michael Watimena,S.E,M.M mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan anggaran pembangunan perpanjangan runway Bandara Rendani.

“Kehadiran kami disini sebuah vitamin, dosis yang baik karena hari Senin Minggu depan kita sudah bahas RAPBN 2018 dengan mitra kerja kementrian komisi V, kami akan perjuangan karena masih segar dalam ingat apa yang menjadi harapan Provinsi Papua Barat” jelas Michael.

Michael Warimena menuturkan, jika Pemprov dan Pemda Manokwari mengalokasi dana Rp 100 milyar lebih maka Pemerintah Pusat akan mengalokasikan dana lebih dari kontribusi pemerintah daerah.

“Kalau Pemprov Papua Barat dan Pemda Manokwari mengalokasikan dana Rp 100 milyar lebih maka Pemerintah Pusat pasti lebih dari itu” tuturnya.(***)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: