Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Perbedaan Pers Dan Media Sosial

0 150

Sorong, TN – Seringkali masyarakat menganggap Media Sosial (Medsos) sama dengan karya jurnalistik, terutama pada media Siber/Online. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Di Medsos masyarakat bebas memanfaatkan teknologi, individual, dan Medsos juga sumbernya bisa rekayasa.

Sedangkan Pers merupakan lembaga atau perusahan dari media massa dan pastinya berbadan hukum serta pemberitaannya berpedoman terhadap Kode Etik Jurnalistik. Wartawan yang menulis berita pun harus memenuhi kriteria 5W+1H (What, Who, When, Where, Why + How), dan itu tidak ditemui di Medsos.

“Kalau di Medsos, informasinya bisa direkayasa sedangman pers itu pemberitaannya bisa dipertanggungjawabkan karena diambil dari sumber terpercaya,”ujar Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prastyo saat melakukan Sosialisasi UU Pers di hotel Merdien Sorong, Senin (21/05).

Selain itu, Yosep juga menuturkan, media yang tidak memenuhi syarat-syarat pers tidak bisa disebut pers. Apalagi media tersebut melakukan pemerasan, pelanggaran, penipuan, dan hal-hal yang merugikan orang lain. (*)