Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Filep : Ada Mantan Anggota MRP-PB Diduga Gunakan Ijasah Palsu

0 0

Manokwari,TN- Juru bicara panitia seleksi calon Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP-PB) periode 2017-2022, Filep Wamafma,S.H,M.Hum mengatakan, dari 30 orang yang terindikasi menggunakan ijasah palsu, didalamnya ada oknum mantan anggota MRP-PB.

“Dari temuan kami, beberapa oknum-oknum mantan MRP-PB sekarang mencalonkan diri sebagai calon anggota MRP Papua Barat periode 2017-2022 ijasahnya diduga palsu” ungkap Filep Wamafma kepada wartawan di kampus STIH Manokwari, Jumat (09/06/2017) kemarin.

Namun Ketua STIH Manokwari ini tidak membeberkan nama oknum-oknum mantan anggota MRP Papua Barat yang diduga menggunakan ijasah palsu tersebut, karena berkaitan dengan privasi.

Tetapi akan mempertegas dalam seleksi administrasi calon MRP Papua Barat sehingga tidak menimbulkan akibat hukum terhadap oknum-oknum yang terindikasi menggunakan ijasah palsu itu.

Terungkapnya dugaan ijasah palsu ini dari pengaduan masyarakat terkait beberapa calon anggota MRP-PB menggunakan untuk memuluskan persaingan dalam proses seleksi.

“Dengan menggunakan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT), setelah coba kami buka dan ambil sample dari perwakilan agama, adat dan perempuan memang benar kami temukan beberapa kasus-kasus yang bisa dikategorikan sebagai ijasah yang palsu” ungkapnya.

Filep menjelaskan, modus yang dilakukan oknum-oknum calon MRP-PB yaitu, mengubah nama pemilik ijasah dengan namanya, tidak terdaftar di perguruan tinggi asal sebagai mahasiswa dan tidak terdaftar pada PDPT.

Selanjutnya ada yang terdaftar sebagai mahasiswa namun statusnya belum wisuda, selain itu ada juga yang terdaftar aktif sebagai mahasiwa tetapi tidak ada profil kemahasiswaan yang bersangkutan.

“Pansel berikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk mengklarifikasi segera karena itu adalah hak mereka, supaya ada kejelasan” ujarnya.(***)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: