Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

32 Hari Menjelang Ramadan, Sudahkah Kamu Membayar Hutang Puasamu?

0 168

Tak terasa bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Sudahkah kamu sangat merindukan bulan seribu bulan ini? Tak hanya penuh berkah, bulan Ramadan bagi umat muslim juga dipercaya sebagai bulan di mana kemungkinan doa dikabulkan lebih cepat, pahala ibadah dilipat gandakan dan masih banyak lagi.

Ngomongin soal Ramadan yang tinggal sebentar lagi, sudahkah kamu membayarkan hutang atau mengganti puasa yang ditinggalkan di Ramadan tahun lalu? Bagi beberapa orang, seperti anak kecil yang belum baligh, orang sakit, musafir, wanita hamil, melahirkan dan menyusui, wanita haid/nifas, orang tidak berakal, orang berusia lanjut dan pekerja keras memang diperbolehkan meninggalkan puasa. Tapi, bagi orang-orang yang sudah dewasa dan meninggalkan puasa, ia wajib untuk membayar hutang puasa yang ditinggalkan di hari lain.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

” (QS. AL Baqarah, 183) Lalu, Kapan Waktu Untuk Membayar Hutang Puasa Ramadan?

Seperti yang di lansir dari vemale.com, waktu membayar puasa adalah waktu lain yakni hari di 11 bulan selain bulan Ramadan mulai bulan Syawal hingga Sya’ban dan di luar hari yang diharamkan berpuasa (dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan 3 hari Tasryik yang jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Dalam hadist Bukhari diriwayatkan, “Dahulu aku memiliki tanggungan/hutang puasa Ramadan, dan tidaklah aku bisa menqadha’nya (karena ada halangan sehingga tertunda) kecuali setelah sampai bulan Sya’ban, (H.R. Al-Bukhari).

Meski waktu yang bisa digunakan untuk membayar hutang puasa adalah 11 bulan dan terbilang lama, umat muslim yang pernah meninggalkan puasa sebaiknya segera membayar hutang tersebut. Membayar hutang bisa dengan berpuasa di hari lain seperti puasa dengan niat membayar hutang puasa Ramadan.

Tapi, bagi orang-orang yang tidak kuat berpuasa, membayar hutang puasa bisa diganti dengan membayar Fidyah atau memberi makan orang fakir miskin. Besar Fidyah yang dibayarkan sendiri harus disesuaikan dengan jumlah hari ia tidak berpuasa di mana sehari besarnya setara dengan 1 mud atau beras 6 ons.

Jadi ladies, sudahkah hutang puasa kamu di bulan Ramadan tahun lalu terbayarkan? Jika belum, segera bayarkan mumpung masih ada cukup banyak waktu ke depan sebelum Ramadhan benar-benar datang?