Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Laporan Pertanggungjawaban Dana Desa di Merauke Belum Tuntas

0 119

Merauke,TN – Berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat Merauke, Papua, disebutkan secara keseluruhan para aparat kampung di Merauke belum bisa melaporkan hasil pertanggungjawaban penggunaan dana desa (DD) tahun 2017.

Faktor SDM aparat kampung dan ketidakpahaman terhadap petunjuk teknis menjadi pemicu tersendatnya laporan dimaksud. Ada juga oknum kepala kampung yang diduga sengaja menyalahgunakan dana kampung/dana desa tersebut.

“Secara keseluruhan belum bisa menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa. Saya sudah tegaskan kepada pendamping supaya standby di kampung. Agar memudahkan aparat desa mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dapat dilakukan dengan baik,” jelas Kepala Inspektorat Merauke, Irianto Sabar Gattang, SH di ruang kerjanya, Senin (2/7).

Terhadap penyalahgunaan dana desa itu, dalam proses penyelesaiannya melalui beberapa tahap hingga disidangkan oleh Majelis Penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi (MPTGR) supaya segera dikembalikan oleh oknum penyalahguna dana desa.

Sementara ini, sebagian sedang diproses dan bahkan ada kepala kampung yang secara sadar untuk melakukan pengembalian atau ganti rugi ke pemerintah daerah.

“Kalau semua tahapan yang kita fasilitasi tidak diindahkan, maka sesuai aturan mereka akan jatuh ke tangan aparat penegak hukum (APH),” tegas Irianto.