Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lantamal XIV Sorong Komitmen Perangi Narkoba

0 51

Sorong, TN – .Danlantamal XIV Laksma TNI Rachmad Jayadi, M. Tr (Han). bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua Barat yang diwaikili oleh dr. Arianta Damanik membuka Sosialisasi Siap Perangi Narkoba. Bertempat di ruang Lobby Mako Lantamal XIV Jl. Puncak Arfak No. 01 Kota Sorong, Kamis (27/9).Sosialisasi ini mengangkat thema “Pencegahan Terjadinya Penyalahgunaan Narkoba Dan Zat Adiktif Lainnya”.

Sebelum melakukan  sosialisasi, terlebih dahulu seluruh prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV melakukan tes urine. Hasilnya tidak terdapat prajurit yang terindikasi menggunakan Narkoba.

prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV saat melakukan tes urine.

Danlantamal XIV Laksma TNI Rachmad Jayadi, M. Tr (Han) dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan salah satu realisasi pola pembinaan personel TNI AL, khususnya di jajaran Lantamal XIV.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat menggerakkan dan mendorong segenap prajurit Lantamal XIV dan keluarganya dalam mencegah dini terhadap beredarnya Narkoba di kalangan masyarakat,”ujar Danlantamal XIV Laksma TNI Rachmad Jayadi, M. Tr (Han).

Menyangkut peran dan kontribusi, kata Danlantamal, kita sebagai aparat TNI, yang bisa kita lakukan dalam upaya mencegah beredarnya narkoba di dalam masyarakat, kita dapat memulainya dari keluarga kita dengan membangun hidup sehat tanpa Narkoba.

Sementara itu, perwakilan BNN Papua Barat, dr. Arianta Damanik menjelaskan bahwa  Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun simentetis. Jenis narkotika berdasarkan efek dan cara kerja narkotika pada susunan saraf pusat (SSP) antaranya cocaine, shabu, ekstasi, morfin, ganja, kecubung, LSD, dan lain sebagainya.

“Bila memakai Narkotika lebih baik melaporkan diri, daripada ditangkap, karena melaporkan diri akan dalam proses tidak dipenjara  dan akan direhabilitasi . Namun apabila ditangkap, urine positif, dan terdapat  barang bukti maka akan langsung diproses penyidik sampai dengan pengadilan,”terang dr. Arianta.

Turut Hadir pada sosialisasi  tersebut Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S. E., M. M., Dandenma Lantamal XIV Letkol Mar. Karno, S. Pd., Danpomal Lantamal XIV Letkol Laut (PM) Hotmatua, S. H., M. H., para Kadis/Kasatker Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lantamal XIV serta Yonmarhanlan XIV.