Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lansia Menyapa, Gerakan Memberdayakan Masyarakat Usia Senja

0 57

Fakfak,TN – Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Hal ini, nampaknya menjadi perhatian Kepala Dinas Sosial Kabupaten Fakfak, Drs. H. Abdul Karim. Pak Karim, panggilannya, sudah satu bulan lebih membidani sebuah gerakan peduli kesehatan bagi para lanjut usia atau lansia, yang diberi nama “Lansia Menyapa”.

“Lansia Menyapa merupakan gerakan sosial dengan sasaran para lansia, agar dapat memanfaatkan waktu usia senjanya, dengan menjaga kesehatan. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program lansia menyapa ini, antara lain, memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk ditanami sayuran. Dengan begitu, selain menjadi menu yang menyehatkan dan bergizi, juga diharapkan ada nilai tambah secara ekonomi,” ujar Karim.

Selain memanfaatkan lahan di sekitar rumah, program lansia menyapa juga menggelar senam yang diikuti oleh lansia bersama masyarakat. Dan terakhir, para lansia yang mengikuti kegiatan ini, juga aktif membersihkan lingkungan dan jalan kampung.

“Untuk pemanfaatan lahan sekitar rumah, kami menanam sayuran seperti bayam dan kangkung cabut. Kami menyediakan bibit, pupuk dan wadah tanaman. Dan tentu saja ada pelatihannya. Selanjutnya, sayuran tersebut dipindah ke lahan kosong di sekitar rumah. Untuk lokasi kegiatan di kampung Sekru, Distrik Pariwari yang melibatkan 27 lansia. Itu yang tergabung dalam kelompok. Yang menanam sendiri, lebih banyak lagi. Mereka termotivasi gerakan lansia menyapa ini,” terang Karim. “Kalau kegiatan menanam yang dilakukan masyarakat di Distrik Fakfak, jumlahnya lebih banyak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Karim menjelaskan bahwa, para lansia juga turut serta menjaga kebersihan lingkungan dan jalan kampung. Mereka secara bersama-sama, menyapu jalanan kampung. Untuk kegiatan ini, Karim menyediakan alat kebersihan dan tempat sampah.

“Kalau senam bersama, kami selenggarakan setiap hari Sabtu di halaman Kantor Bulog Fakfak yang berlokasi di Kelurahan Fakfak Utara, Distrik Fakfak. Selain halamannya luas dan asri dengan pohon-pohon rindang, lokasi Kantor Bulog juga berdekatan dengan Puskesmas Fakfak. Harapannya, mereka bisa memanfaatkan kebersamaan dengan konsultasi kesehatan dengan petugas dari Puskesmas,” ujar Karim.

Banyak pihak mengharap agar gerakan “Lansia Menyapa” ini menjadi program pemerintah daerah, sehingga bisa dilaksanakan di semua kecamatan atau distrik.

Lansia sendiri, secara umum adalah orang berusia 65 tahun keatas. Namun, menurut kategori UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, lansia berusia 60 tahun. Sedangkan WHO, menetapkan lansia adalah yang berusia 60-74 tahun.