Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tingkatkan Kemiteraan Dengan Media, BPJS Paparkan Aplikasi Mobile JKN

0 27

Sorong, TN- Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Natalia Panggelo, tingkatkan kemiteraan bersama sejumlah media di kota Sorong Papua Barat, melalui acara media ghatering di salah satu rumah Kopi, Selasa (9/10).

“Sistem antrian online melalui aplikasi Mobile JKN ini merupakan solusi untuk mengatasi antrian peserta yang menumpuk pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” ujar Natalia.

Menurutnya, Selama ini peserta yang datang ke FKTP tidak mendapat kepastian waktu kapan akan dilayani sehingga waktu yang dimiliki peserta terbuang sia-sia untuk menunggu.

Dengan adanya sistem antrian online ini diharapkan peserta dapat mengetahui perkiraan waktu pelayanan di FKTP, sehingga peserta dapat datang ke FKTP tepat waktu tanpa harus menunggu terlalu lama.

Manfaat yang diberikan oleh aplikasi Mobile JKN yaitu memberikan kemudahan untuk mendaftar dan merubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga, kemudahan melakukan pembayaran iuran peserta, kemudahan mendapatkan pelayanan di FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) serta kemudahan menyampaikan keluhan, pertanyaan dan jawaban.

Foto bersama BPJS Kesehatan dan awak media usai acara media gheatring. Foto/istimewa.

“Untuk menggunakan sistem antrian online tersebut peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu dan melalukan registrasi,” jelas Plh.Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan cabang Sorong, Ambar Permana.

Setelah masuk aplikasi Mobile JKN peserta dapat memilih Menu Pelayanan pada tampilan utama. Dalam menu pelayanan tersebut terdapat beberapa pilihan fitur yang terdiri dari Fitur Riwayat Pelayanan, Fitur Pendaftaran Pelayanan, Fitur Skrining.

Kemudian peserta dapat memilih Fitur Pendaftaran Pelayanan pada FKTP terdaftar. Setelah melakukan pendaftaran pelayanan, peserta akan mendapat nomor antrian dengan estimasi waktu pelayanan.

Acara media ghatering BPJS Kesehatan Cabang Sorong bersama sejumlah media di kota Sorong ini, berakhir dengan acara foto bersama.

Rencananya acara silahturahmi ini akan terus berlanjut, untuk mempererat hubungan kemiteraan BPJS Kesehatan dengan media.(*)