Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gubernur PB Pastikan Pembangunan RS Rujukan Rampung 2019

0 60

Manokwari, TN- Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, memastikan pembangunan Rumah Sakit (RS) Rujukan Provinsi Papua Barat akan rampung pada tahun 2019 mendatang.

“Target kita (Pemprov PB) tahun 2019 rampung atau selesai pembangunan sesuai estimasi biaya yang sudah kita anggarkan,” ujar gubernur Dominggus Mandacan kepada wartawan di Manokwari, Sabtu (10/11).

Namum Gubernur, Dominggus Mandacan tidak menyampaikan secara rinci nominal dana yang dianggarkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Provinsi Papua Barat induk tahun 2019.

Alasan belum ditentukan besaran anggaran yang digunakan untuk penyelesaian pembangunan rumah sakit rujukan Provinsi karena akan dibahas lagi di DPR Papua Barat.

“Nanti finalnya di DPR Papua Barat ,saya belum bisa sampaikan nilai nominalnya karena bisa saja naik atau turun anggaran setelah dibahas pihak legislatif,” imbuhnya. Gubernur kedua Papua Barat itu.

Ketua DPW Partai NasDem Papua Barat ini menuturkan, pembangunan gedung Rumah Sakit Rujukan hingga beroperasi membutuhkan dana sebesar Rp500 milyar.

Anggaran tersebut cukup besar sehingga sejak dilantik menjabat Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengalokasikan dana setiap tahun sampai 2019. Anggaran ini juga sudah termasuk fasilitas kesehatan serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Rumah sakit ini akan dilengkapi dengan alat kesehatan yang lengkap serta tenaga medis yang profesional dan dokter ahli untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, anggota Komisi D DPR Papua Barat yang bermitra dengan kesehatan, Yonadap Trogea berharap, pembangunan rumah sakit rujukan dipercepat supaya dapat merawat masyarakat.

“Rumah Sakit ini dibutuhkan untuk masyarakat yang membutuhkan rujukan dari daerah sudah siap” jelas Dominggus Mandacan.(*)