Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dinkes Biak Terus Kampanyekan Imunasi Campak Dan Rubella

0 48

Biak,TN  – Pemerintah Daerah Biak Numfor melalui Dinas Kesehatan terus  kampanyekan pencegahan campak dan Rubella atau Measles-Rubella, yang dilakukan dengan pemberian  vaksin tetes polio. Sedangkan dalam bentuk suntikan measles-rubella akan digelar pada, selasa (14/8) mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor, dr.Daisy Ch Urbinas mengatakan, hingga saat ini jumlah anak yang sudah mendapatkan imunisasi rubella sebanyak 4.048 alias 11 persen. Sedangkan,  jumlah anak yang harus mendapatkan imunisasi sebanyak 40.531 anak.

“Ini adalah bentuk wujud kampanye imunisasi campak dan rubella secara nasional. Oleh sebab itu, Pemerintah Biak Numfor sudah mencanangkan kampanye ini dan saat imunisasi dalam bentuk tetes itu dipimpin langsung oleh Asisten I Setda Biak Numfor. Bahkan kami bersyukur tidak ada masalah saat 4.048 anak mendapatkan imunisasi,”katanya kepada media ini baru-baru ini.

Dikatakannya, pencanangan kampanye imunisasi itu akan bergulir hingga (30/8) mendatang. Sebab, sasaran imunisasi itu tertuju pada anak-anak di bangku SD. Ia juga bersyukur bahwa isu nasional yang beredar di media sosial tentang imunisasi campak dan rubella, tidak terjadi atau di dapati di Biak Numfor. Hingga saat ini Biak dikategorikan aman dalam mengimplementasikan imunisasi.

“Kemarin kami sempat mendapatkan isu bahwa di wilayah Sumberker Biak didapati kasus terkait. Tetapi,Puji Tuhan setelah tim kesehatan kami bersama Kepala Sekolah turun langsung ke lapangan, kasus itu ternyata hoax alias cuman isu. Perlu diketahui bahwa 4.048 anak yang sudah di imunisasi itu merupakan data dari 9 puskesmas. Sedangkan jumlah anak yang harus mendapatkan imunisasi sebanyak 40.531 anak,”imbuhnya.

Di sisi lain, Asisten I bidang pemerintahan pemda Biak, Frit senandy memberikan apresiasi kinerja Dinas Kesehatan yang gesit memberikan hidup sehat kepada anak-anak Biak Numfor.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh unsur yang berada di bawah Dinas Kesehatan seperti Puskesmas, Pustu, Posyandu dan seluruh komponen terkait harus ikut berperan dalam mensukseskan kampanye tersebut.

Bahkan, Pemerintah surat menyebarkan surat kepada seluruh Distrik dan Keluruhan untuk turut mendampingi Dinas Kesehatan dalam mensosialisasikn kampanye cegah campak dan Rubella kepada masyarakat.

“Saya anggap isu nasional tersebut adalah isu positif, dan kita harua berayukur bahwa di Kabupaten Biak Numfor belum ditemukan adanya isu tersebut. Dalam hal ini, sebagai bentuk peryataan dukungan dari Bupati Biak Numfor, surat edaran kepada Distrik hingga kamoung sudah disebarkan, agar seluruh stekholder turut berperan,”pungkasnya.