Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kapal Ikan Terbakar Di Perairan Halbar

0 37

Ternate, TN – Kapal Ikan dari Bitung, Sulawesi Utara, tujuan Pelabuhan Perikanan Loloda, bernama Purse Seine POF XVIII ukuran 98 Gross Tonage (GT), terbakar di perairan Ibu, Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, Minggu (27/1). Peristiwa ini pertama kali diketahui oleh Nahrawi, anggota RAPI Ternate.

Dia menerima laporan dari SOS atau tanda bahaya dari kapal POF XVIII, melalui radio frekuensi yang menyatakan, telah terjadi kebakaran di kamar mesin, pukul 10.50 WIT, sehingga membutuhkan pertolongan segera.

Kapal bermuatan 25 orang penumpang dan 80 ton ikan itu, sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, menuju Pelabuhan Perikanan di Loloda, Halmahera Barat, pada Sabtu (26/1) pukul 12.00 WIT.

Namun sekitar 25 mil dari perairan Ibu, kapal mengalami kebakaran di ruang kamar mesin.

Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Ternate, Muhammad Arafah kepada wartawan, di Ternate, Senin (28/1) mengatakan, pihaknya sudah mengarahkan satu unit kapal SAR 273 Pandudewanata, dan satu set plasar medis.

“Tim rescue Kansar yang ikut di kapal Pandudewanata berjumlah 15 orang, mereka sudah bergerak ke lokasi untuk mengevakuasi,” jelasnya.

Terpisah, Windy, petugas Basarnas Ternate mengatakan, dengan kondisi hujan yang lebat dengan ketinggian gelombang 1,5-3 meter, tim diperkirakan tiba di lokasi dengan jarak tempuh 2 jam 35 menit. “Untuk perkembangannya akan kami kabarkan lagi,” tandas Windy.(*)

Anda mungkin juga berminat