Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Strategi BI Malut Turunkan Angka Kemiskinan

0 36

Ternate, TN – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto, mengatakan di tahun 2019 ini, langkah strategis yang akan dilakukan BI adalah mendorong tiga sektor unggulan, yaitu pertanian, perikanan dan pariwisata. Ini bertujuan untuk menurunkan angka kemiskinan di provinsi tersebut.

Tiga sektor ini, kata dia, akan menjadi sumber pertumbuhan utama di Maluku Utara. Olehnya itu, perlu didorong agar memberi dampak pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

“Inklusif artinya lebih banyak masyarakat Maluku Utara yang terlibat dan mendapat dampak positifnya,” katanya kepada wartawan, di Ternate, Jumat (18/1).

Untuk menjaga stabilitas harga atau inflasi, lanjut Dwi, maka kedepan pihaknya sudah memiliki beberapa perencanaan yang akan dikoordinasikan dengan stakeholders, seperti mendorong berdirinya peternakan ayam potong dan petelur.

“Kemudian, mengaktifkan pasar syariah sebagai pasar induk, mendorong pengembangan pertanian barito, membuat model bisnis barito untuk memotong rantai perdagangan, serta menjalin kerjasama antar daerah,” tandas dia.

Untuk Diketahui, sepanjang November 2018, NTP di Maluku Utara sebesar 96,65 persen atau mengalami penurunan 1,37 persen, jika dibandingkan pada Oktober sebesar 97,99 persen.

Mensiasati hal itu, kata Dwi, BI akan mendorong hilirisasi komoditi pertanian. Seperti kelapa dan buah pala. Model bisnis akan diatur secermat mungkin untuk memangkas panjangnya rantai perdagangan.

Kemudian mendorong subsidi transportasi bagi petani serta mengurangi biaya produksi melalui pelatihan pembuatan pupuk organik.(*)

Anda mungkin juga berminat