Timsus PETI Tangkap Pemodal Ilegal Mining Wasirawi

0
272

MANOKWARI,TN- Setelah melarikan diri selama dua minggu, akhirnya Timsus Opsnal Pertambangan Tanpa Ijin (PETI) Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Papua Barat berhasil menangkap 3 orang yang diduga sebagai pemodal Ilegal Mining di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

Tiga orang yang diduga sebagai pelaku utama kasus tambang emas ilegal ini diringkus tim opsnal PETI Ditreskrimsus Polda Papua Barat di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/04/2017)

Setelah ditangkap, tiga orang terduga masing-masing berinisial SB, SF dan AH diamankan tim penyidik, kemudian dibawa ke Manokwari menggunakan pesawat Sriwijaya Air dari Makassar, Minggu (30/04/2017)

Dari pantauan media ini, mereka tiba di bandara rendani Manokwari sekitar pukul 07.00 WIT, dikawal tim OPS pertambangan Tanpa Ijin (Peti) Mansinam 2017 Polda Papua Barat dipimpin lansung Kasubdit IV (Tipiter), AKBP Junof Siregar, S.H S.IK beserta 8 penyidik.

Dalam rombongan itu nampak juga pihak keluarga terduga juga ikut beserta penyidik sekitar 2 dua orang, belum diketahui tujuan keikutsertaan dua orang ini dari Makassar untuk apa.

Tibanya di Markas Polda Papua Barat, penyidik langsung melakukan pemeriksaan intensif terhadap ketiga orang itu, terkait keterlibatan mereka dalam kasus tambang emas ilegal ini

Setelah dimintai keterangan, 3 orang itu langsung diamankan dalam sel tahanan Polda Papua Barat.

Pemeriksaan dilanjutkan pada hari Senin (01/05/2017), penyidik Subdit IV Tindak Pidana Tertentu (TIPIDTER) Ditreskrimsus Polda Papua Barat secara marathon menggali informasi dari SB, SF dan AH.

Hingga berita ini diterbitkan, Kapolda Polda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Martuani Sormin Siregar, M.Si belum memberikan keterangan resmi terkait keterlibatan 3 orang ini dalam kasus tambang ilegal tersebut, kemudian status apa status mereka, apakah sudah ditetapkan tersangka atau belum.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Papua Barat berhasil menangkap 40 orang pendulang emas ilegal di Kampung Wasirawi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Senin (10/04/2017) lalu

40 orang pendulang emas ini ditangkap setelah sejumlah anggota Polda Papua Barat berangkat ke TKP yang perjalanannya jauh sekitar 2 hari 1 malam untuk mengecek kegiatan ilegal ini.

Dimana sebelumnya pihak Polda Papua Barat diback-up Kodam XVIII Kasuari telah memberikan teguran keras agar kegiatan pendulang emas ilegal ini dihentikan karena telah merusak alam hingga Kali Wariori, SP 7.(*)

Tinggalkan Komentar