Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Tersangka Penyeludupan Kura-kura Moncong Babi di Limpahkan ke Kejaksaan

0 401

Merauke, TN – Kejaksaan negeri Merauke hari ini menerima berkas tersangka penyeludupan 1.195 ekor kura-kura moncong babi dan barang bukti dari pihak BKSDA yang bekerjasama dengan Korwas penyidik polri, Jumat (29/06).

Kepala kejaksaan Negeri Merauke Lukas A.Sinuraya,SH,MH ketika di temui wartawan usai Menerima Tersangka mengatakan kasus penyeludupan kura-kura moncong babi ini merupakan kasus perdana yang nantinya akan disidangkan di pengadilan negeri merauke.Sebab kasus tersebut selalu hilang bagai di telan bumi ketika di amankan petugas.

“Tersangka di kenakan pasal 21 ayat 2 tentang konserfasi sumber daya alam hayati dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,”ujar Lukas

Lunas juga mengatakan berkas tersangka berinisial (NA) itu dinyatakan sudah P21 dan siap ke tahap pengadilan.

“Tersangka langsung kamk amankan ke Lapas klas II B Merauke selama 20 hari, pada prinsipnya mengacu kepada KUHP agar tersangka tidak melarikan diri,menghilangkan barang bukti dan tidak melarikan diri serta tersangka tidak melakukan tindak pidana lainya,”terang Lunas.

Diketahui kasus ini di lakukan penyelidikan dan penelitian selama kurang lebih lima bulan, sejak di amankan barang bukti dua koper yang berisi ribuan kura-kura moncong yang hendak di kirim ke jakarta pada hari jumat (09/1/2018)di kawasan bandar udara mopah merauke lalu.

Sementara itu kuasa hukum tersangka (NA) , Efraim Fanghoi mengatakan sudah melayangkan surat jaminan kepada kejaksaan agar di berikan keringanan terhadap kliennya, karena tersangka meruapak. tulung punggung keluarga dan kedua anaknya masih kecil.

“Semoga ini bisa menjadi pembelajaran untuk masyarakat lainnya untuk tidak melakukan penyeludupan satwa-satwa yang di lindungi oleh negara,”pungkasnya.