Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

LP3BH Dukung Kapolres Tindak Oknum Polisi FK

0 0

Manokwari,TN- Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari, Yan Christian Warinussy,S.H mendukung langkah Kapolres Manokwari melalui Unit Profesi dan Pengamanan (Propoam) mengusut dan memproses oknum polisi berinisial FK yang diduga keras telah melakukan tindakan berindikasi melawan hukum di Hotel LIN Jalan Merdeka Manowkari pada Selasa, (27/06/2017) lalu.

Yan menegaskan, LP3BH telah memperoleh bukti rekaman dari Closed Circuit Television (CCTV) Hotel Lin yang empat diunggah di media sosial facebook dan rekaman tersebut telah diteruskan kepada pihak yang berwenang.

Untuk itu tindakan oknum anggota polisi berinisial FK yang terekam pada CCTV tersebut seharusnya dapat dijadikan sebagai alat bukti dengan keterangan saksi korban/pelapor dan saksi yang melihat dan mengalami langsung peristiwa pada hari Selasa lalu tersebut.

Sehingga indikasi perbuatan pidana sesuai rumusan pasal 351 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) seharusnya sudah dapat terpenuhi dan bisa diproses hingga ke pengadilan negeri Manokwari.

Bahkan dari sisi hukum disiplin menurut Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian maupun Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Disiplin Anggota Polri, tindakan dan atau perbuatan oknum anggota Polres Manokwari berinisial FK tersebut seharusnya dapat dikenakan sanksi yang tegas dan berat.

Ini penting agar di kemudian hari dia tidak akan lagi melakukan tindakan yang sama kepada warga masyarakat sipil lainnya, yang pada akhirnya dapat berdampak serius pada aspek pemeliharaan keamanan dan ketertiban yang justru merupakan bagian utama dari tanggung jawabnya juga sebagais eorang anggota polisi.

“LP3BH Manokwari mendesak Kapolres Manokwari di bawah dukungan Kapolda Papua Barat untuk memproses oknum polisi tersebut hingga menjatuhkan sanksi yang tegas dan berat kepadanya demi hukum dan keadilan” tulis Yan Warinussy melalui press releasenya yang diterima Teropong News, Sabtu (01/07/2017).(***)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: