Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Kasus Miras 12 Ton: Berkas Diserahkan Polres, Miras Akan Dimusnahkan Di Kodim

0 82

Fakfak, TN –  Komandan Kodim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Catur Adi Siswoyo, S.IP., Rabu (02/4) siang, bertempat di Makodim 1706/Fakfak, menandatangani BAP atau Berita Acara Pemeriksaan atas barang bukti berupa miras jenis sopi, dan menyerahkan berkas kepada perwakilan Polres Fakfak.

Catur Adi Siswoyo mengatakan, “Pengungkapan kasus miras ini merupakan hasil kerjasama semua pihak termasuk masyarakat Fakfak. Dan hari ini, kami menyerahkan berkas BAP miras, namun untuk barang bukti fisik mirasnya, akan kami musnahkan, yang kami rencanakan dimusnahkan di Makodim sini. InsyaAlloh minggu depan,”

Menurut Dandim, masyarakat tidak perlu kuatir barang bukti akan menguap. Pihaknya tetap akan memusnahkan miras tersebut, sebagai salah satu upaya menciptakan ketertiban umum di Fakfak, membantu pihak kepolisian.

Dalam proses penyerahkan berkas tersebut, Dandim juga menyampakian bahwa, dari keterangan pemilik miras yang dipanggil ke Kodim Fakfak kemarin, pemilik miras menyatakan bahwa tidak beking aparat dalam bisnis haramnya tersebut.

Meski begitu, Dandim mengakui bahwa pengungkapan miras dalam jumlah yang cukup fantastis ini, bukan sebuah keteledoran aparat keamanan.

“Lolosnya miras dalam jumlah besar itu bukan karena aparat kita kebobolan, namun lebih kepada terbatasnya kemampuan kita,” ungkap Dandim.

Banyak pihak berharap, Kodim 1706/Fakfak tetap mempertahankan kredibilitasnya dengan memusnahkan miras tersebut, namun tidak melewatkan proses hukum.

Saat ini, ratusan jerigen yang berhasil disikat pada Senin (30/4) lalu, di Kampung Kapartutin itu, masih disimpan di gudang makodim Fakfak. Polisi yang datang ke Kodim, telah menghitung ulang dna memeriksa kondisi barang bukti serta mengambil samplenya untuk proses lebih lainjut.

Sementara itu, pihak kepolisian menegaskan akan tetap memproses kasus miras 12 ton ini hingga ke meja hijau. (wah)