Kajari Ingatkan Jangan Ada Pungli di Sekolah

0
20

Fakfak TN.Com – Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak, Rilke Jeffri Huwae, SH. MH. meminta orang tua murid agar melaporkan segala bentuk pungutan liar atau pungli, yang mungkin terjadi di sekolah. Kajari menegaskan, pihaknya tidak akan main-main untuk menindak secara hukum bagi sekolah yang terlibat aksi pungli.

“Bila ada guru yang melakukan pungli lapor ke saya, saya akan merahasiakan identitasnya dan oknum pelaku pungli akan saya tindak sesuai hukum yang berlaku,” kata Kajari.
Menurut Kajari, pemerintahan saat ini sangat tegas terhadap pungli. Selain itu, biaya pendidikan telah disediakan dalam anggaran negara.
“Presiden Jokowi sudah bilang, pungli lima ribu rupiah pun harus ditindak dan dipenjarakan. Jadi sekali lagi saya ingatkan,  khususnya kepada pihak sekolah, jangan coba-coba melakukan pungli terhadap siswa, kalau kedapatan saya akan proses secara hukum,” tegasnya. 
Pungli dalam dunia pendidikan disinyalir sering terjadi dan beragam. Kadang, pungli bisa muncul dalam wajah iuran atau syarat masuk sekolah. Meski jumlahnya tidak besar, namun jika ratusan siswa yang membayar, tentu jumlahnya membengkak. (wah)

Tinggalkan Komentar