Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Eksekusi Tanah dan Bangunan Berjalan Aman

0 33

Sorong, TN- Eksekusi tanah dan bangunan di Jl. Sungai Khayangan Kilo Meter 8 Kota Sorong, milik Penggugat Andri Darius yang selama ini di klaim Tergugat Octavianus Kalami oleh Pengadilan Negeri Sorong berjalan aman tanpa adanya perlawanan dari tergugat.

Gugatan tanah antara pihak penggugat Andri Darius dan tergugat Octavianus Kalami dimenangkan Andri Darius di Pengadilan Negeri Sorong.

Tanah seluas hampir satu hektar itu, sesuai putusan Pengadilan Negeri Sorong No 46 tahun 2016 adalah milik Penggugat.

Atas putusan tersebut, proses eksekusi pun dilakukan mengingat di atas tanah itu berdiri sejumlah banguman milik Tergugat Octavianus Kalami.

Proses eksekusi tanah milik Andri Darius sempat mengalami penundaan hingga setahun lamanya dan baru bisa dilaksanakan, Rabu (17/10).

Pembongkaran bangunan diatas tanah milik Penggugat Andri Darius di kilo meter 8 kota Sorong.

Octavianus Kalami sebagai pihak tergugat hanya bisa pasrah ketika sejumlah bangunan miliknya yang berdiri di atas tanah tersebut dibongkar.

Panitera Pengadilan Negeri Sorong, Abdul Kadir Rumodar, mengatakan proses eksekusi sempat mengalami penundaan dua kali pada 11 September 2017 lalu, karena adanya upaya pendekatan secara kekeluargaan yang difasilitasi DPRD Kota Sorong.

“Pihak tergugat meminta waktu penundaan eksekusi. Tetapi penggugat tidak mengajukan banding ataupun kasasi terhadap gugatan tanah tersebut,” ujar Romodar.

Dikatakan, putusannya sejak 21 Maret 2017 kemudian 25 April 2017 rencana eksekusi dan diberikan waktu hingga delapan hari.

Namun menurutnya, tergugat tidak juga mengosongkan tanah dan pada 2 September lalu, kembali diberikan kelonggaran waktu dan penundaan. Dan hari ini baru bisa dilaksanakan proses eksekusi karena alasan kondisi dan keamanan,” imbuhnya.

Proses eksekusi tersebut, mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian, namun eksekusi tersebut berjalan dengan aman, pihak tergugat pada akhirnya membiarkan proses eksekusi itu berjalan dengan baik.(*)