Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dugaan Korupsi, Sekretaris LBH-JP akan Adukan Lurah Sawagumu ke Tipikor 

0 127

Sorong,TN – Dikeluhkan tidak ada program yang dibuat dan menyentuh masyarakat di dua tahun belakangan ini, diduga dana Respek dan Pemberdayaan tahun 2016 – 2017 di Kelurahan Sawagumu Kota Sorong dikorup.

Sekretaris Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Justitia Papua, Chidir Djamaludin, S.H, mengatakan, pihaknya telah menerima pengaduan dari beberapa warga di kelurahan Sawagumu terkait dengan dugaan tersebut. Pihaknya pun berencana akan mengadukan Kepala Kelurahan Sawagumu ke Tipikor Kejaksaan Negeri Sorong untuk diperiksa.

Pasalnya, dana Respek dan Pemberdayaan yang turun di kelurahan Sawagumu tahun 2016 masing-masing sebesar 100 juta rupiah. Pencairan dengan besaran yang sama juga turun pada tahun 2017, namun anehnya mengapa tidak ada satu pun program yang dibuat oleh kelurahan. Hal ini kata dia, wajar jika masyarakat mempertanyakan pengelolaan dana tersebut atau menaru kecurigaan terhadap Kepala Kelurahan.

“Kami berencana pekan depan akan melaporkan Kepala Kelurahan Sawagumu Kota Sorong ke Tipikor Kejaksaan Negeri Sorong untuk diperiksa terkait aliran dana Respek dan Pemberdayaan tahun 2016-2017 di wilayah kerjanya” ujar Chidir, pada wartawan, di Sekretariatnya, Kamis (01/02) siang.

Terkait dugaan tersebut, sumber terpercaya, kepada media ini mengatakan, memang sejak tahun 2016-2017, Kelurahan Sawagumu hanya membuat satu program saja ke masyarakat, yakni penimbunan satu jalan lingkungan di seputaran Arteri, itupun hanya menghabiskan anggaran sebesar kurang lebih 25 juta rupiah. Padahal pada tahun itu ada dana Respek sebesar 100 juta rupiah dan dana pemberdayaan sebesar 100 juta rupiah yang turun ke kelurahan. Lebih ironisnya lagi pada tahun 2017 dana dengan besaran yang sama juga turun tetapi tidak ada program sama sekali.

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Kepala Kelurahan Sawagumu Yakub M.U. Osok, S.E, belum berhasil dikonfirmasi.  Wartawan telah berupaya menghubungi melalui telepon selulernya namun yang bersangkutan tidak merespon. (mdl)

Tinggalkan Komentar