Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hadapil Pemilu 2019, Polri Harus Jadi Pendingin di Tengah Masyarakat

0 18

Manokwari, TN- Menghadapi Pesta d
Demokrasi tahun 2019 mendatang, Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja, meminta kepada anggotanya agar berperan sebagai water coolent atau pendingin suasana di tengah-tengah masyarakat.

“Anggota Polri harus menetralisir berbagai intervensi, intimidasi dan provokasi dari pihak-pihak yang hendak memicu terjadinya konflik,” ujar Kapolda Papua Barat saat memimpin Asistensi operasi mantab brata Mansinam 2018 bersama Polres Manokwari, Polres Teluk Bintuni dan Polres Teluk Wondama di Aula Triton, Lantai II Mapolda Papua Barat, Kamis (6/12).

Dihadapan tim asistensi Mabes Polri Kapolda Alberth Rodja mengatakan, tahun 2019 memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi, tensi persaingan para pasangan calon untuk mendapatkan simpati masyarakat tentu akan semakin meningkat.

Rodja menuturkan bahwa pada pilkada 2018 lalu, secara umum berlangsung dengan tertib, aman dan kondusif.

Mantan Karo Provost Divisi Propam Mabes Polri ini mengutarakan, persaingan antar calon untuk mendapatkan simpati dan suara berlangsung secara wajar, meski demikian, riak persaingan para calon cukup menghangat.

Berkat kesiap-siagaan dan manajemen pengamanan Polda Papua Barat pada saat itu, berbagai potensi ancaman Pilkada tahun 2018 dapat diminimalisir dan diatasi.

“Pengalaman baik atas suksesnya pelaksanaan Pilkada tahun 2018 tersebut, tentunya tidak lepas dari monitoring dan asistensi yang dilakukan oleh Mabes Polri,” ujar kapolda.(*)