Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Teropong News Klarifikasi Berita “Pengusaha Miras Ngaku di Back Up Kasat Reskrim” 

0 0

Sorong,TN-  Menindak lanjuti surat Kasat Reskrim Sorong Kota, AKP Fernando Saragih,S.Ik kepada Teropong News perihal verifikasi dan klarifikasi, terkait pemberitaan Teropong  News pada edisi Senin, 29 Mei 2017 dengan judul “ Pengusaha Miras Mengaku di Back Up Kasat Reskrim”.  Harian Umum Teropong News telah melakukan verifikasi kepada semua pihak yang tertuang dalam isi berita terkait.   

Dari hasil verifikasi  telah ditemukan adanya kekeliruan yang dilakukan oleh wartawan Teropong News,  yang menulis berita tersebut.  Bahwa dalam melakukan proses pengumpulan informasi dan konfirmasi wartawan sebagai penulis berita tidak melakukan wawancara atau konfirmasi langsung keapada Frengky alias ongko botak sebagai narasumber utama.

Kronologi Peliputan

Pada hari Minggu tanggal 28 Mei Wartawan Teropong bersama rekannya, dihubungi oleh  Andre Warmasen dan diberikan informasi tentang seputar perijinan pengusaha Miras di Rufei atas nama  Frengky alias Ongko Botak. Dalam pertemuan di tempat penjual pinang  depan Toko Tanjung Mas, Remu Kota Sorong pada hari Minggu siang (28/5), Wartawan Teropong News didengarkan sebuah rekaman percapakan Frengky dan Andre Warmasen.  Berdasarkan informasi dan rekaman dari Andre Warmasen selanjutnya, wartawan Teropong News menulis berita tanpa melakukan check and balance kepada Frengky alias Ongko Botak.

“Ternyata wartawan Teropong News dalam menulis berita tersebut tidak pernah konfirmasi langsung kepada saudara Frengky, padahal dalam beritanya disebutkan Frengky alias Ongko Botak sebagai naraumber dan telah dikonfirmasi oleh wartawan. Seharusnya, jika memang sumbernya dari Andre Warmasen ya ditulis apa adanya. Disitulah letak kesalahan wartawan saya,”  terang Imam.

Frengky yang ditemui langsung oleh Pemred Teropong News, Imam Mucholik mengaku bahwa tidak pernah diwawancara maupun dikonfirmasi oleh Wartawan Teropong News, berkaitan dengan pemberitaan yang diterbitkan Teropong News pada Edisi 29 Mei 2017.

Setelah melakukan verifikasi ulang dan melakukan check and balances dari sumber berita serta meminta keterangan secara intensif terhadap wartawan yang bersangkutan. Pemred Teropong News menarik kesimpulan bahwa berita berjudul “ Pengusaha Miras Ngaku di Back Up Kasat Reskrim” pada Edisi Senin 29 Mei 2017, tidak benar dan tidak sesuai fakta.

Atas terjadinya kekeliruan dalam pemberitaan tersebut Teropong News, telah melakukan klarifkasi dan menyampaikan permohonan maaf kepada Kasat reskrim dan pihak-pihak yang disebutkan dalam pemberitaan.   

 “ Setelah kami melakukan check and balances karena ada complain atas pemberitaan tersebut ternyata Frengky alias Ongko Botak memang tidak pernah mengaku di Back Up oleh Kasat Reskrim. fakta itu juga dikuatkan dengan pengakuan wartawan bahwa ia tidak pernah bertemu dengan yang bersangkutan (Frengki),” ujarnya. 

Penanggung jawab redaksi, Imam Mucholik telah meminta maaf kepada Frengki dan Kasat Reskrim Polres Sorong Kota AKP. Fernado Saragih. S.Ik, yang namanya telah dicatut dalam pemberitaan tersebut.  Imam akan memberikan sanksi tegas kepada wartawannya yang telah menulis berita itu. (red)

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: