Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Proses Rekrutmen Calon Komisioner KIP PB Dipertanyakan

0 0

Sorong TN.Com – Proses rekrutmen calon Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Papua Barat yang sudah dilakukan sejak tahun 2013 hingga 2017 belum ada hasilnya.

Salah satu calon komisioner KIP Provinsi Papua Barat, Raymon Karubaba,S.Sos dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kota Sorong, Kamis (5/01/2017) mengatakan, proses rekrutmen ini sudah dilakukan hingga tahap akhirnya yaitu, Fit and propertes atau uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner Komisi informasi Publik

“Kami 10 orang sudah lulus seleksi calon komisioner komisi informasi publik dari tahun 2013, terkatung-katung hingga tahun 2017 ini” kata Raymon kepada wartawan dalam konfrensi persnya, Kamis Siang.

Raymon mengatakan, secara aturan tahapan fit and propertest ini dilakukan oleh Komisi A DPR Provinsi Papua Barat, namun terbangkalai karena Komisi A DPR-PB periode 2009-2014 hingga 2014-2019 belum melakukan tahapan ini

“Berdasarkan informasi dari Kominfo Provinsi Papua Barat, surat persetujuan Gubernur untuk pelaksanaan tahapan Fit and Propertes terhadap 10 calon komisioner KIP sudah diterima komisi A DPR-PB tetapi menjadi pertanyaan kenapa saat ini belum ditindaklanjuti komisi A, dimana tugas komisi A DPR Papua Barat..?Tanya Mantan Aktivis GMNI itu.

Karubaba menuturkan, Komisi Informasi Publik merupakan lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, maka wajib segera dibentuk.

“Tinggal tahapan fit and propertes untuk menentukan 5 dari orang yang sudah lulus seleksi, untuk melaksanakan tugas lembaga komisi informasi publik di Provinsi Papua Barat” ujarnya.

Dia menambahkan, dari sekian Provinsi di Negara indonesia, Papua Barat yang paling lambat membentuk lembaga Komisi Informasi Publik ini. “Kita bingung dan kita ingin penjelasan penjelasan dari Ketua Komisi A DPR Papua Barat, kenapa sampai tahapan ini terkantung-katung sampai sekarang” paparnya.

Sementara ketua Komisi A DPR Provinsi Papua Barat, Mozes Rudi F.Timisela,ST saat dikonfirmasi melalui telpon celuler maupun pesan singkat Short Messagge Senter (SMS), namun tidak direspon. (*)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: